Kelas : Kelas 10
Mata Pelajaran : Biologi
Nama Evaluasi : PERUBAHAN/PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pembuat : RAHMAT HIDAYAT
Soal 1 dari 10
1. kadar Oksigen (O2) dalam air danau.
karbon monoksida (CO) dari knalpot kendaraan bermotor.
kandungan timbal pada air sungai.
senyawa kimia dari pupuk buatan.
H2SO4 dari pembakaran batubara.
Soal 2 dari 10
2. alga dapat dipanen oleh masyarakat.
kadar oksigen larut di air akan naik.
populasi bakteri pengurai akan melimpah.
rantai makanan di dalam air terganggu.
sinar matahari memberi dampak buruk pada ekosistem air.
Soal 3 dari 10
3. penggunaan nuklir untuk pembangkit listrik.
penggunaan CFC pada kemari es dan pendingin ruangan.
pemakaian batu bara dalam industri.
asap kendaran bermotor di perkotaan.
pembakaran hutan untuk pemukiman.
Soal 4 dari 10
4. menyebabkan pemanasan global.
menyebabkan penipisan ozon.
menyebabkan terjadinya hujan asam.
mengakibatkan efek rumah kaca.
mengakibatkan kematian hewan.
Soal 5 dari 10
5. berburu kijang satu tahun sekali untuk acara adat makan bersama.
membakar hutan untuk dijadikan pemukiman.
memanen madu dengan memanjat pohon-pohon besar di dalam hutan.
menebang pohon besar untuk dimanfaatkan dalam pembuatan jembatan desa.
memanen rotan untuk dibuat kerajinan rumah tangga.
Soal 6 dari 10
6. membakar lahan terlebih dahulu supaya subur.
menggunakan bibit unggul.
mengikuti panduan pemupukan yang benar.
hanya menggunakan popuk kompos.
melarang penggunaan pupuk kimia buatan.
Soal 7 dari 10
7. menganjurkan masyarakat menggunakan transportasi umum.
membangun ruang terbuka hijau.
membatasi jadwal operasi pabrik.
mewajibkan uji emisi untuk setiap kendaraan bermotor.
membuat aturan transportasi ganjil genap.
Soal 8 dari 10
8. ditimbun tanah agar tidak berbau.
dikeringkan lalu dibakar.
dijadikan pupuk kompos.
tetap ditimbun di tempat tertentu.
dibakar dan abunya untuk pupuk.
Soal 9 dari 10
9. berbelanja dengan membawa kantong belanja sendiri.
membeli isi ulang produk dengankemasan plastik untuk menghemat pengeluaran.
berkebun organik.
membuang sampah pada tempatnya dengan benar.
menganut pola reduce, reuse dan recycle (3R).
Soal 10 dari 10
10. (3), (4), dan (5)
(1), (2), dan (3)
(1), (2), dan (4)
(2), (3), dan (5)
(2), (3), dan (4)
Sumber : belajar.kemdikbud.go.id