Selasa, 29 September 2020

SMA KELAS 10 BIOLOGI PERUBAHAN/PENCEMARAN LINGKUNGAN

Jenjang : SMA
Kelas : Kelas 10
Mata Pelajaran : Biologi
Nama Evaluasi : PERUBAHAN/PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pembuat : RAHMAT HIDAYAT



Soal 1 dari 10
1. Berikut ini yang bukan termasuk kategori polutan adalah … .
kadar Oksigen (O2) dalam air danau.
karbon monoksida (CO) dari knalpot kendaraan bermotor.
kandungan timbal pada air sungai.
senyawa kimia dari pupuk buatan.
H2SO4 dari pembakaran batubara.
Soal 2 dari 10
2. Dampak algae blooming karena eutrofikasi pada ekosistem air ialah … .
alga dapat dipanen oleh masyarakat.
kadar oksigen larut di air akan naik.
populasi bakteri pengurai akan melimpah.
rantai makanan di dalam air terganggu.
sinar matahari memberi dampak buruk pada ekosistem air.
Soal 3 dari 10
3. Berikut ini yang tidak menjadi penyebab efek rumah kaca (green house effect) adalah … .
penggunaan nuklir untuk pembangkit listrik.
penggunaan CFC pada kemari es dan pendingin ruangan.
pemakaian batu bara dalam industri.
asap kendaran bermotor di perkotaan.
pembakaran hutan untuk pemukiman.
Soal 4 dari 10
4. Penggunaan CFC pada alat pendingin, pengharum ruangan, dan penyemprotan obat pembasmi serangga secara terus – menerus akan berdampak terhadap lingkungan, yaitu … .
menyebabkan pemanasan global.
menyebabkan penipisan ozon.
menyebabkan terjadinya hujan asam.
mengakibatkan efek rumah kaca.
mengakibatkan kematian hewan.
Soal 5 dari 10
5. Berikut ini yang merupakan aktivitas memanfaatkan hutan yang tidak ramah lingkungan ialah … .
berburu kijang satu tahun sekali untuk acara adat makan bersama.
membakar hutan untuk dijadikan pemukiman.
memanen madu dengan memanjat pohon-pohon besar di dalam hutan.
menebang pohon besar untuk dimanfaatkan dalam pembuatan jembatan desa.
memanen rotan untuk dibuat kerajinan rumah tangga.
Soal 6 dari 10
6. Dalam meningkatkan produksi pertanian, para petani lebih banyak menggunakan pupuk kimia buatan daripada pupuk alami. Tindakan yang paling tepat untuk mencegah pencemaran tanah ialah … .
membakar lahan terlebih dahulu supaya subur.
menggunakan bibit unggul.
mengikuti panduan pemupukan yang benar.
hanya menggunakan popuk kompos.
melarang penggunaan pupuk kimia buatan.
Soal 7 dari 10
7. Berikut ini langkah meningkatkan kualitas lingkungan untuk mengurangi dampak pencemaran udara ialah … .
menganjurkan masyarakat menggunakan transportasi umum.
membangun ruang terbuka hijau.
membatasi jadwal operasi pabrik.
mewajibkan uji emisi untuk setiap kendaraan bermotor.
membuat aturan transportasi ganjil genap.
Soal 8 dari 10
8. Sampah organik di dalam sungai atau kolam menyebabkan kadar oksigen dalam air berkurang sehingga mengganggu kehidupan organisme yang ada. Oleh karena itu usaha yang paling tepat adalah sampah organik tersebut sebaiknya … .
ditimbun tanah agar tidak berbau.
dikeringkan lalu dibakar.
dijadikan pupuk kompos.
tetap ditimbun di tempat tertentu.
dibakar dan abunya untuk pupuk.
Soal 9 dari 10
9. Berikut ini yang bukan langkah nyata penanggulangan pencemaran tanah ialah … .
berbelanja dengan membawa kantong belanja sendiri.
membeli isi ulang produk dengankemasan plastik untuk menghemat pengeluaran.
berkebun organik.
membuang sampah pada tempatnya dengan benar.
menganut pola reduce, reuse dan recycle (3R).
Soal 10 dari 10
10. Hutan di kawasan puncak banyak ditebangi untuk diubah menjadi lahan pemukiman. Perhatikan beberapa pernyataan berikut: Kawasan puncak lebih tertata indah dan rapi karena puncak yang dulunya hutan yang tidak terurus sekarang menjadi tempat tinggal dan penginapan. Terjadi banjir besar di wilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air. Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan permukiman telah menghilangkan sebagian besar pohon – pohon yang dapat mengikat partikel tanah. Meskipun jumlah villa terus meningkat, karena pembangunannya ditata dengan baik maka tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungan. Peningkatan suhu udara akibat pohon – pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang. Manakah yang merupakan dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan tersebut?
(3), (4), dan (5)
(1), (2), dan (3)
(1), (2), dan (4)
(2), (3), dan (5)
(2), (3), dan (4)


Sumber : belajar.kemdikbud.go.id