Rabu, 30 September 2020

SMP KELAS 9 BAHASA INDONESIA LATIHAN SOAL SMP KELAS 9 BAHASA INDONESIA

Jenjang : SMP
Kelas : Kelas 9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama Evaluasi : LATIHAN SOAL SMP KELAS 9 BAHASA INDONESIA
Pembuat : UPLOADER RAGIL



Soal 1 dari 40
1. Cermati teks berikut! Ampenan adalah sebuah kecamatan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Daerah ini dulu merupakan pusat kota di Pulau Lombok. Sebelah baratnya berbatasan dengan Selat Lombok yang ada di antara Pulau Bali dan Pulau Lombok. Di kecamatan ini terdapat kota tua karena dulu merupakan pelabuhan utama daerah Lombok. Kecamatan Ampenan memiliki kampung yang merupakan perwujudan berbagai suku bangsa di Indonesia sehingga masyarakatnya bersifat heterogen, tetapi rukun. Makna kata heterogen pada teks tersebut adalah .…
banyak jumlahnya
sama ragamnya
bersatu padu
beraneka ragam
Soal 2 dari 40
2. Cermati teks berikut! Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan tenaga ahli luar negeri. Jembatan itu dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam. Pembangun jembatan Trans Barelang telah menyedot anggaran Otorita Batam (OB) sebesar Rp 400 Miliar yang dibangun dalam masa enam tahun (1992-1998). Enam buah jembatan megah ini merupakan proyek vital sebagai penghubung jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer. Jembatan Barelang terdiri dari enam buah jembatan. Keenam buah jembatan Barelang tersebut terdiri dari: 1) Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar, 2) Jembatan Nara Singa (jembatan II), 3) Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III), 4) Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV), 5) Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V), dan 6) Jembatan Raja Kecik (jembatan VI). Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
Proyek vital penghubung jalur Trans Barelang terbentang berupa Jembatan Barelang yang membentang sepanjang 54 km dan menghubungkan enam pulau kecil di sekitar Pulau Batam.
Ratusan insinyur dalam dan luar negeri menghabiskan dana 400 miliar untuk memperluas wilayah Otorita Batam demi terbangunnya Jembatan barelang yang terdiri dari enam jembatan kecil-kecil.
Jembatan Nara Singa adalah jembatan kedua sesudah jembatan paling besar, yaitu Jembatan Barelang 3 yang dibangun pada tahun 1992-1998 demi perluasan wilayah Otorita Batam.
Keenam Jembatan Barelang yang dibangun pada tahun 1992-1998 dengan dana sebesar 400 miliar untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam melibatkan ratusan insinyur Indonesia.
Soal 3 dari 40
3. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Lonceng berbunyi nyaring, jam pelajaran pertama tiba. (2) Di luar dugaan, ternyata yang masuk adalah kepala sekolah beserta seorang lelaki. (3) "Anak-anak, pagi ini saya perkenalkan seorang guru baru, namanya Pak Jamhuri, guru matematika di kelas kalian untuk menggantikan Bu Sarah yang akan pindah tugas ke sekolah lain," ujar Kepala Sekolah. (4)"Selamat pagi, anak-anak," sapa guru baru itu dengan senyum ramah. (5) Sekilas pandangannya tertuju kepada Sukri yang tampak gugup dengan wajah pucat pasi. (6 )Peristiwa hari ini benar-benar luar biasa bagi Sukri. (7) Sukri kaget bagai disambar petir di siang bolong. (8) Betapa tidak, guru matematika yang baru itu tak lain adalah lelaki jangkung berpakaian sederhana yang kemarin satu mobil dengan Sukri. Padahal Sukri telah membohongi laki-laki jangkung itu. Bukti latar suasana cemas pada kutipan teks cerita tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
(5) dan (7)
(1) dan (2)
(7) dan (8)
(4) dan (5)
Soal 4 dari 40
4. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Lonceng berbunyi nyaring, jam pelajaran pertama tiba. (2) Di luar dugaan, ternyata yang masuk adalah kepala sekolah beserta seorang lelaki. (3) "Anak-anak, pagi ini saya perkenalkan seorang guru baru, namanya Pak Jamhuri, guru matematika di kelas kalian untuk menggantikan Bu Sarah yang akan pindah tugas ke sekolah lain," ujar Kepala Sekolah. (4)"Selamat pagi, anak-anak," sapa guru baru itu dengan senyum ramah. (5) Sekilas pandangannya tertuju kepada Sukri yang tampak gugup dengan wajah pucat pasi. (6 )Peristiwa hari ini benar-benar luar biasa bagi Sukri. (7) Sukri kaget bagai disambar petir di siang bolong. (8) Betapa tidak, guru matematika yang baru itu tak lain adalah lelaki jangkung berpakaian sederhana yang kemarin satu mobil dengan Sukri. Padahal Sukri telah membohongi laki-laki jangkung itu. Komentar yang tepat terhadap isi cerita tersebut adalah ...
Sukri dan Pak Jamhuri harus saling minta maaf atas praduga masing-masing.
Bersikaplah jujur kepada guru sehingga dapat memberikan ketenangan dalam hidup.
Semua murid harus berbuat baik kepada guru pengganti Bu Sarah.
Sukri tidak usah merasa gugup jikalau tidak merasa salah dengan Pak Jamhuri.
Soal 5 dari 40
5. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Di sebuah padang rumput di Afrika, seekor singa sedang menyantap makanan. Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanannya. "Kurang ajar!" kata singa. Sang Raja Hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung. "Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita. Usir mereka semua, jangan disisakan!" kata Singa. Binatang lain setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung. Ketika malam mulai tiba, bangsa burung kembali ke sarangnya. Kesempatan itu digunakan oleh para singa dan anak buahnya untuk menyerang bangsa burung. Burung-burung kocar-kacir melarikan diri. Melihat hal tersebut, kelelawar merasa cemas sehingga ia bergegas menemui Sang Raja Hutan. Kelelawar berkata, "Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus, walaupun aku mempunyai sayap. Izinkan aku untuk bergabung dengan kelompokmu. Aku akan mempertaruhkan nyawaku untuk bertempur melawan burung-burung itu." Tanpa berpikir panjang singa pun menyetujui kelelawar masuk dalam kelompoknya. Malam berikutnya kelompok yang dipimpin singa kembali menyerang kelompok burung dan berhasil mengusirnya. Keesokan harinya, menjelang pagi, ketika kelompok singa sedang istirahat kelompok burung menyerang balik mereka dengan melempari kelompok singa dengan batu dan kacang-kacangan. "Awas, hujan batu!" teriak para binatang. Kelompok singa melarikan diri. Kelelawar merasa cemas dengan hal itu sehingga ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui Sang Raja Burung, yaitu burung Elang. "Lihatlah sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian," Elang menerima kelelawar dengan senang hati. Bukti bahwa burung berwatak suka mengambil makanan binatang lain adalah ....
(1) dan (2)
(4) dan (5)
(5) dan (6)
(3) dan (4)
Soal 6 dari 40
6. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Di sebuah padang rumput di Afrika, seekor singa sedang menyantap makanan. Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanannya. "Kurang ajar!" kata singa. Sang Raja Hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung. "Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita. Usir mereka semua, jangan disisakan!" kata Singa. Binatang lain setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung. Ketika malam mulai tiba, bangsa burung kembali ke sarangnya. Kesempatan itu digunakan oleh para singa dan anak buahnya untuk menyerang bangsa burung. Burung-burung kocar-kacir melarikan diri. Melihat hal tersebut, kelelawar merasa cemas sehingga ia bergegas menemui Sang Raja Hutan. Kelelawar berkata, "Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus, walaupun aku mempunyai sayap. Izinkan aku untuk bergabung dengan kelompokmu. Aku akan mempertaruhkan nyawaku untuk bertempur melawan burung-burung itu." Tanpa berpikir panjang singa pun menyetujui kelelawar masuk dalam kelompoknya. Malam berikutnya kelompok yang dipimpin singa kembali menyerang kelompok burung dan berhasil mengusirnya. Keesokan harinya, menjelang pagi, ketika kelompok singa sedang istirahat kelompok burung menyerang balik mereka dengan melempari kelompok singa dengan batu dan kacang-kacangan. "Awas, hujan batu!" teriak para binatang. Kelompok singa melarikan diri. Kelelawar merasa cemas dengan hal itu sehingga ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui Sang Raja Burung, yaitu burung Elang. "Lihatlah sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian," Elang menerima kelelawar dengan senang hati. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
Bertindak gegabah dapat merugikan diri-sendiri.
Kita harus tepat dalam mengambil keputusan.
Bersikap teguh pendirian perlu kita lakukan.
Jangan ceroboh dalam bersikap dan bertindak.
Soal 7 dari 40
7. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Di sebuah padang rumput di Afrika, seekor singa sedang menyantap makanan. Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanannya. "Kurang ajar!" kata singa. Sang Raja Hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung. "Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita. Usir mereka semua, jangan disisakan!" kata Singa. Binatang lain setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung. Ketika malam mulai tiba, bangsa burung kembali ke sarangnya. Kesempatan itu digunakan oleh para singa dan anak buahnya untuk menyerang bangsa burung. Burung-burung kocar-kacir melarikan diri. Melihat hal tersebut, kelelawar merasa cemas sehingga ia bergegas menemui Sang Raja Hutan. Kelelawar berkata, "Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus, walaupun aku mempunyai sayap. Izinkan aku untuk bergabung dengan kelompokmu. Aku akan mempertaruhkan nyawaku untuk bertempur melawan burung-burung itu." Tanpa berpikir panjang singa pun menyetujui kelelawar masuk dalam kelompoknya. Malam berikutnya kelompok yang dipimpin singa kembali menyerang kelompok burung dan berhasil mengusirnya. Keesokan harinya, menjelang pagi, ketika kelompok singa sedang istirahat kelompok burung menyerang balik mereka dengan melempari kelompok singa dengan batu dan kacang-kacangan. "Awas, hujan batu!" teriak para binatang. Kelompok singa melarikan diri. Kelelawar merasa cemas dengan hal itu sehingga ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui Sang Raja Burung, yaitu burung Elang. "Lihatlah sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian," Elang menerima kelelawar dengan senang hati. Makna simbol kocar-kacir pada kutipan cerita tersebut adalah ....
menyerah dalam perseteruan
cerai berai tidak keruan
terdesak dalam perkelahian
menyerah dalam perkelahian
Soal 8 dari 40
8. Cermati teks petunjuk berikut! Langkah-Langkah Membuat Peta Timbul dari Kertas Bekas Potong kertas sisa kecil-kecil ke dalam ember, masukkan air dua kali tinggi tumpukan kertas. Rendam selama satu hari. Aduk-aduk kertas dengan tangan sambil diangkat dan diperas sampai kertas hancur. [...] Campur kertas tadi dengan tepung tapioka dan lem kayu secukupnya. Aduk merata sampai semua tercampur seperti bubur. Setelah siap, ambil adonan kertas tadi dengan tangan lalu taruh di atas alas yang telah disiapkan (peta dasar). Mulai bentuk daratan sesuai keinginan. Keringkan daratan yang sudah jadi di bawah sinar matahari sampai keras. Beri warna yang sesuai pada peta. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ...
Angkat kertas dan peras sampai kering, kemudian tambahkan air kembali.
Tambahkan air kembali, satu kali tinggi tumpukan kertas, tambahkan lem kayu.
Saring kertas dan buang airnya jangan terlalu kering.
Hancurkan kertas tersebut, tambahkan air kembali sampai menjadi bubur.
Soal 9 dari 40
9. Cermati teks petunjuk berikut! Cara menanam tanaman dalam pot (1) Pilih media tanaman yang bebas dari hama! (2) Masukkan tanaman ke dalam pot! (3) Uruklah dengan tanah humus sambil memegang tanaman! (4) Pilih pot tanaman yang memiliki lubang resapan air! (5) Siram tanaman secukupnya! Urutan petunjuk tersebut yang tepat adalah ….
(4) – (1) – (2) – (3) – (5)
(4) – (1) – (5) – (2) – (3)
(1) – (4) – (2) – (5) – (3)
(1) – (2) – (4) – (3) – (5)
Soal 10 dari 40
10. Cermati data laporan berikut! Objek Pengamatan : Kantin sehat SMP Pemuda Tujuan : Memaparkan kondisi kantin Waktu pengamatan : 10 menit saat istirahat Data: - 568 siswa - terletak di lantai 2 - 4 petugas kantin yang ramah - 20 meja panjang dan 570 bangku merah dari plastik - siswa antre dengan tertib - istirahat I 08.40-09.00, istirahat II 11.40-12.45 Laporan yang tepat sesuai dengan data tersebut adalah ...
SMP Pemuda memiliki kantin sekolah yang memadai. Dengan jumlah siswa sebanyak 568 orang, kantin yang berada di lantai dua itu dilayani oleh empat petugas yang ramah. Di ruang yang luas itu ada 20 meja panjang lengkap dengan bangku-bangku plastiknya yang berwarna merah. Siswa yang jajan mengantre dengan tertib saat istirahat.
Antrean di kantin sehat SMP Pemuda selalu terjadi, baik saat istirahat I maupun istirahat II. Kantin sekolah dapat menampung 568 siswa sekolah itu. Empat petugas yang terdiri atas ibu-ibu ramah menghadapi ratusan siswa ini. Ada 570 bangku kantin yang terbuat dari plastik. Menu pagi tidak variatif, berbeda dengan menu makan siang hari. Semua siswa antre dengan tertib.
SMP Pemuda dengan jumlah siswa yang ratusan itu, kantin di lantai II menjadi kurang memadai. Jumlah meja panjangnya memang 20, tetapi tidak sebanding dengan jumlah bangkunya. Setelah antre makanan, ada siswa yang tidak mendapatkan tempat duduk sehingga mereka makan sambil berdiri. Pihak sekolah semestinya memerhatikan kebutuhan siswa ini, apalagi selama sekolah, siswa tidak mungkin ke luar kompleks sekolah.
Ada 568 siswa di SMP Pemuda. Kantin sehat dengan 570 bangku itu sanggup menampung seluruh siswa yang ada. Harganya pun cukup terjangkau kantung pelajar. Dengan petugas sebanyak 4 orang ibu, siswa sekolah ini bisa antre dengan tertib. Sesudah mengambil sendiri makanan yang dibutuhkannya, mereka menuju meja kasir. Ibu kasir akan menghitung nominal yang harus dibayar siswa.
Soal 11 dari 40
11. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Teks 1 Teks 1 Pompong adalah kata yang digunakan oleh masyarakat Kepulauan Riau untuk menyebut perahu kayu berukuran kecil yang digerakkan dengan tenaga mesin. Kata pompong memang belum tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Di provinsi yang berbentuk kepulauan seperti Kepulauan Riau, pompong sangat diandalkan untuk transportasi dari pulau kecil satu ke pulau kecil lainnya yang berdekatan. Pada umumnya, pompong dibuat oleh masyarakat setempat dengan menggunakan kayu perpat, jenis kayu yang tahan dari pelapukan dan pengeroposan. Kapasitas pompong sekitar 10-15 penumpang. Ahli pendidikan membagi tiga tipe pejuang. Pertama, tipe quitter yaitu orang yang menyerah sebelum melakukan usaha. Kedua, tipe camper yaitu orang yang berhenti pada tahap tertentu usahanya. Sejauh sudah mencapai batas minimal, usahanya berhenti. Ketiga, tipe climber yaitu mereka yang terus mengusahakan diri menjadi yang terbaik. Tipe ini disebut juga tipe pejuang keras. Mereka selalu berusaha menciptakan yang terbaik dalam pencapaiannya. Itulah pembagian tipe pejuang menurut ahli pendidikan. Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah .…
Teks 1 Teks 2 khusus - umum umum - khusus
Teks 1 Teks 2 umum - khusus khusus - umum
Teks 1 Teks 2 umum - khusus - umum khusus - umum
Teks 1 Teks 2 umum - khusus umum - khusus - umum
Soal 12 dari 40
12. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 11 dan 12! Teks 1 Teks 1 Pompong adalah kata yang digunakan oleh masyarakat Kepulauan Riau untuk menyebut perahu kayu berukuran kecil yang digerakkan dengan tenaga mesin. Kata pompong memang belum tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Di provinsi yang berbentuk kepulauan seperti Kepulauan Riau, pompong sangat diandalkan untuk transportasi dari pulau kecil satu ke pulau kecil lainnya yang berdekatan. Pada umumnya, pompong dibuat oleh masyarakat setempat dengan menggunakan kayu perpat, jenis kayu yang tahan dari pelapukan dan pengeroposan. Kapasitas pompong sekitar 10-15 penumpang. Ahli pendidikan membagi tiga tipe pejuang. Pertama, tipe quitter yaitu orang yang menyerah sebelum melakukan usaha. Kedua, tipe camper yaitu orang yang berhenti pada tahap tertentu usahanya. Sejauh sudah mencapai batas minimal, usahanya berhenti. Ketiga, tipe climber yaitu mereka yang terus mengusahakan diri menjadi yang terbaik. Tipe ini disebut juga tipe pejuang keras. Mereka selalu berusaha menciptakan yang terbaik dalam pencapaiannya. Itulah pembagian tipe pejuang menurut ahli pendidikan. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ...
Teks 1 Teks 2 terdapatistilah dari bahasa daerah terdapatistilah dari bahasa asing
Teks 1 Teks 2 tidak terdapat istilah terdapat istilah
Teks 1 Teks 2 tidak terdapatkonjungsi penambahan terdapatkonjungsi penambahan
Teks 1 Teks 2 memuat istilah teknis tidak memuat istilah teknis
Soal 13 dari 40
13. Cermati kutipan berikut! Mengganti organ tubuh yang sakit atau rusak sebenarnya sama sekali bukanlah […] abad modern. Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kalimat tersebut adalah ....
invansi
karbonasi
inovasi
renovasi
Soal 14 dari 40
14. Cermati kalimat berikut! Salah satu destinasi wisata terkenal di Batam adalah Jembatan Barelang. Variasi yang dapat menggantikan kata destinasi pada kalimat tersebut adalah ....
tujuan
objek
pilihan
daerah
Soal 15 dari 40
15. Cermati kalimat berikut! Pemilik karantina anjing telah mengambil sampel darah Ipas, anjing pitbull berjenis bully classic, yang menewaskan RB. Variasi kalimat yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...
RB tewas setelah diambil sampel darahnya oleh pemilik karantina anjing pitbull berjenis bully classic.
Sampel darah Ipas, anjing pitbull berjenis bully classic yang menewaskan RB, telah diambil pemilik karantina anjing.
Pemilik karantina anjing telah mengambil anjing pitbull berjenis bully classic yang menewaskan RB.
Sampel darah anjing pitbull berjenis bully classic telah dikarantina oleh pemiliknya yang bernama Ipas.
Soal 16 dari 40
16. Cermati kalimat berikut! Malam itu pintu rumah nenek terbuka dan cahaya matahari perlahan masuk. Penggunaan kata matahari dalam kalimat tersebut tidak tepat karena ....
bukan pada tempatnya
ketidaklogisan konteks (waktu)
penggunaan kata khusus
masalah ketidakbakuan
Soal 17 dari 40
17. Cermati kalimat berikut! Tetapi pemimpin pasukan tiap kelompok serigala langsung mengatur kembali anak buahnya pada posisi siap menyerang. Ketidakefektifan kalimat tersebut adalah karena ….
kesalahan kata ganti
gagasannya yang bertumpuk-tumpuk
kalimat tidak logis
kesalahan penggunaan konjungsi
Soal 18 dari 40
18. Cermati teks berikut! (1) Sampai saat ini, masih ada orang yang belum merasa nyaman berbelanja dalam jaringan atau daring (online). (2) Sebagian besar konsumen beranggapan bahwa ongkos kirim berbelanja daring memberatkan. (3) Tidak dapat mencoba produk pun menjadi alasan ketidaknyamanan berbelanja daring. (4) Masih banyak yang menganggap berbelanja daring itu nyaman karena tidak mengharuskan pembeli datang ke toko. Paragraf tersebut tidak padu karena ...
Kalimat (1) membahas transaksi berbelanja, sementara kalimat lainnya berbicara tentang kerugian berbelanja daring.
Kalimat (4) menguraikan kenyamanan belanja daring, sementara kalimat lainnya menjelaskan ketidaknyamanan belanja daring.
Kalimat (2) mengupas alasan konsumen berbelanja daring, sementara kalimat lainnya berbicara tentang trik berbelanja daring.
Kalimat (3) mengemukakan risiko berbelanja daring, sementara kalimat lainnya berbicara tentang tujuan berbelanja daring.
Soal 19 dari 40
19. Cermati teks rumpang berikut! Faktor cuaca adalah [...] utama produksi garam nasional begitu minim selama setahun terakhir. Hal lainnya yang menjadikan produksi garam di Indonesia relatif sedikit ialah [...] garam masih dilakukan secara tradisional. Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah ...
disebabkan, dibuat
disebabkan, dibuatkan
penyebab, pembuatan
menyebabkan, membuat
Soal 20 dari 40
20. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! (1) Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan. (2) Setiap orang dapat mengunggah berita di media sosial. (3) Redaksi dan penyuntingnya adalah diri sendiri. (4) Peristiwa demi peristiwa dapat dilaporkan secara langsung dari lapangan oleh pengguna telepon pintar yang akan terus meningkat. Berbagai informasi dapat diwartakan, terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik, dari berbagai daerah di Indonesia. Cara mengirimkan warta dapat melalui foto, video, atau tulisan ringan yang singkat. Informasi bisa sangat beragam. Laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat atau melaporkan peristiwa terjadinya bencana alam, seperti letusan gunung api. Kalimat utama paragraf pertama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
(1)
(3)
(4)
(2)
Soal 21 dari 40
21. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! (1) Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan. (2) Setiap orang dapat mengunggah berita di media sosial. (3) Redaksi dan penyuntingnya adalah diri sendiri. (4) Peristiwa demi peristiwa dapat dilaporkan secara langsung dari lapangan oleh pengguna telepon pintar yang akan terus meningkat. Berbagai informasi dapat diwartakan, terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik, dari berbagai daerah di Indonesia. Cara mengirimkan warta dapat melalui foto, video, atau tulisan ringan yang singkat. Informasi bisa sangat beragam. Laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat atau melaporkan peristiwa terjadinya bencana alam, seperti letusan gunung api. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ...
berbagai cara mewartakan informasi yang positif
cara mengirimkan warta di media sosial
laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat
laporan peristiwa terjadinya bencana alam
Soal 22 dari 40
22. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! (1) Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan. (2) Setiap orang dapat mengunggah berita di media sosial. (3) Redaksi dan penyuntingnya adalah diri sendiri. (4) Peristiwa demi peristiwa dapat dilaporkan secara langsung dari lapangan oleh pengguna telepon pintar yang akan terus meningkat. Berbagai informasi dapat diwartakan, terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik, dari berbagai daerah di Indonesia. Cara mengirimkan warta dapat melalui foto, video, atau tulisan ringan yang singkat. Informasi bisa sangat beragam. Laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat atau melaporkan peristiwa terjadinya bencana alam, seperti letusan gunung api. Ringkasan yang tepat sesuai teks tersebut adalah ...
Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan sehingga setiap orang dapat mengunggah berita di media sosial.
Berbagai informasi dapat diwartakan terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik dari berbagai daerah di Indonesia.
Setiap orang dapat mewartakan berbagai informasi terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik dari berbagai daerah di Indonesia.
Semua orang bisa menjadi reporter di era digitalisasi ini walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan dan berbagai informasi dapat diwartakan terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik.
Soal 23 dari 40
23. Cermati teks berikut! Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur kita dapat terhindar dari kolesterol, berat badan yang berlebihan, radikal bebas, dan kanker. Hal itu karena kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau tidak hilang saat dalam proses pengukusan. Selain itu, teh hijau dapat mencegah kolesterol karena adanya kandungan tanin yang dapat mengatasi LDL atau kolesterol jahat. Teh hijau juga dapat menjadikan kulit kita sehat sebab mengandung antioksidan dan polifenol yang mampu menangkal radikal bebas, serta dapat mencegah penuaan dini. Mengonsumsi teh hijau secara teratur juga dapat mencegah virus kanker dalam tubuh manusia. Demikianlah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi teh hijau. Simpulan isi teks tersebut adalah ...
Teh hijau bermanfaat jika dikonsumsi dengan takaran tepat.
Teh hijau mencegah virus kanker karena mengandung antioksidan.
Teh hijau mengandung antioksidan sehingga tidak boleh dikukus.
Teh hijau mempunyai banyak manfaat karena zat yang dikandungnya.
Soal 24 dari 40
24. Cermati teks ulasan berikut! Buku ini bercerita tentang struktur sosial, penyebab konflik sosial, mobilitas sosial, dan kelompok sosial di dalam masyarakat multikultural. Buku ini mudah dipahami karena penggunaan tata bahasa diperhatikan. Materi yang disajikannya pun dibahas dengan cukup lengkap. Hal yang paling menarik dari buku ini yaitu dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang menuntut pembaca berpikir lebih luas lagi. Kekurangan teks ulasan buku tersebut adalah ….
tidak menjelaskan kekurangan buku yang diulas
kurang mengungkapkan isi buku
tidak menggunakan kalimat efektif dalam ulasan
kurang menjelaskan garis besar buku
Soal 25 dari 40
25. Cermati teks ulasan berikut! Film 5 Cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda. Film ini bagus ditonton bersama dengan keluarga. Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian adalah lima remaja yang bersahabat. Mereka bersepakat untuk melakukan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan mendaki Gunung Semeru. Mereka kemudian mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Perjalanan penuh perjuangan itu membuat mereka semakin mencintai persahabatan dan negeri ini. Komentar yang tepat terhadap isi teks ulasan tersebut adalah ...
Impian dan tantangan dapat memupuk persahabatan dan rasa nasionalisme.
Kemenarikan film ini terbangun oleh kepiawaian akting para aktornya.
Sebuah persahabatan hanya bisa terbangun karena adanya perbedaan karakter.
Nasionalisme pada diri remaja Indonesia memudar dan perlu dibangun kembali.
Soal 26 dari 40
26. Cermati data buku berikut! Judul: Menjadi Pelajar Sukses Pengarang: Keti Kakutiba Tahun: 2015 Keunggulan: Bahasa yang digunakan mudah dipahami, ilustrasi jelas Kelemahan: Tidak dilengkapi glosarium Teks ulasan yang tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah ...
Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi sehingga mudah dipahami. Hanya saja, di dalam buku ini terdapat kelemahan yaitu tidak dilengkapi glosarium. Buku ini wajib dimiliki para pelajar.
Buku yang dikarang oleh Keti Kakutiba ini berisi tentang jurus-jurus menjadi pelajar sukses. Dengan membaca buku ini, pelajar dijamin keberhasilannya baik di sekolah maupun di luar sekolah. Buku mudah dipahami isinya.
Buku Menjadi Pelajar Sukses karya Keti Kakutiba terbitan tahun 2015 ini layak untuk dibaca. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami serta disertai ilustrasi yang jelas. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan glosarium.
Kekurangan buku ini terletak pada ilustrasi atau penggambaran yang terlalu singkat sehingga peristiwa-peristiwanya kurang jelas. Meski demikian isi buku ini mudah dipahami. Kekurangan lain pada buku ini yaitu belum dilengkapi glosarium.
Soal 27 dari 40
27. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Kartu ATM (1) "Sekarang pakai kartu ATM kalian!"perintah Bu Nisa, guru Agama kami. ATM itu singkatan dari Aku Tidak Menyontek. Untuk mendapat kartu itu kita harus mematuhi sebuah peraturan, yaitu tidak menyontek. Kartu ATM dipakai saat ulangan dan saat latihan. Tapi, aku tidak mempunyai kartu ATM karena aku orangnya tidak pintar dan malas belajar. (2) Ulangan pun dimulai. Aku mengerjakan soal-soal itu. Nomor 1, 3, 4, 7 dan 9, belum aku kerjakan karena kesulitan. Kulihat ke sampingku untuk bertanya. Sayangnya ia memakai kartu ATM. Kulihat ke arah lain. Mereka juga memakai kartu ATM. Bu Nisa tersenyum melihatku. Akhirnya, aku pun bertanya ke Varia dengan mengancam kalau tidak jawab, ia tidak akan boleh pulang denganku. Varia menunjukkan kartu ATM-nya. Aku mulai merasa kesal. Aku pun menjawab soal itu dengan asal. (3) Aku langsung berlari ke mobil Ayah. Aku biarkan Varia mencariku. Biarin aja dia mencariku. Siapa suruh ia tidak memberiku jawaban. Aku pun memasuki mobil Ayah. Kak Fani, kakak perempuanku, sudah berada di dalam mobil."Varia mana, Len?"tanya Ayah. "Mana aku tahu", ucapku sambil melihat ke arah Ayah. "Kita tunggu aja, ya,"kata Ayah. Aku tidak suka mendengar Ayah berkata begitu. Kulihat Varia membuka pintu mobil dengan muka pucat dan penuh dengan keringat. "Kamu kenapa tinggalin aku, Len?"tanya Varia. "Siapa suruh tadi kamu begitu,"ucapku dengan suara sedikit kasar. (4) "Varia, kamu pakai kartu ATM juga?"tanya Kak Fani. "Iya, Kak", jawab Varia. "Kakak juga ada", kata Kak Fani sambil menunjukkan kartu ATM-nya. "Kartu ATM itu apa?"tanya Ayah. Kak Fani dan Varia menjelaskan kartu ATM kepada Ayah. Aku hanya terduduk diam memandangi jendela sambil menyadari sikap dan perilaku. Setelah selesai menjelaskan, Ayah pun mengerti. Bagian klimaks pada cerpen tersebut terdapat pada nomor ....
(1)
(4)
(2)
(3)
Soal 28 dari 40
28. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Kartu ATM (1) "Sekarang pakai kartu ATM kalian!"perintah Bu Nisa, guru Agama kami. ATM itu singkatan dari Aku Tidak Menyontek. Untuk mendapat kartu itu kita harus mematuhi sebuah peraturan, yaitu tidak menyontek. Kartu ATM dipakai saat ulangan dan saat latihan. Tapi, aku tidak mempunyai kartu ATM karena aku orangnya tidak pintar dan malas belajar. (2) Ulangan pun dimulai. Aku mengerjakan soal-soal itu. Nomor 1, 3, 4, 7 dan 9, belum aku kerjakan karena kesulitan. Kulihat ke sampingku untuk bertanya. Sayangnya ia memakai kartu ATM. Kulihat ke arah lain. Mereka juga memakai kartu ATM. Bu Nisa tersenyum melihatku. Akhirnya, aku pun bertanya ke Varia dengan mengancam kalau tidak jawab, ia tidak akan boleh pulang denganku. Varia menunjukkan kartu ATM-nya. Aku mulai merasa kesal. Aku pun menjawab soal itu dengan asal. (3) Aku langsung berlari ke mobil Ayah. Aku biarkan Varia mencariku. Biarin aja dia mencariku. Siapa suruh ia tidak memberiku jawaban. Aku pun memasuki mobil Ayah. Kak Fani, kakak perempuanku, sudah berada di dalam mobil."Varia mana, Len?"tanya Ayah. "Mana aku tahu", ucapku sambil melihat ke arah Ayah. "Kita tunggu aja, ya,"kata Ayah. Aku tidak suka mendengar Ayah berkata begitu. Kulihat Varia membuka pintu mobil dengan muka pucat dan penuh dengan keringat. "Kamu kenapa tinggalin aku, Len?"tanya Varia. "Siapa suruh tadi kamu begitu,"ucapku dengan suara sedikit kasar. (4) "Varia, kamu pakai kartu ATM juga?"tanya Kak Fani. "Iya, Kak", jawab Varia. "Kakak juga ada", kata Kak Fani sambil menunjukkan kartu ATM-nya. "Kartu ATM itu apa?"tanya Ayah. Kak Fani dan Varia menjelaskan kartu ATM kepada Ayah. Aku hanya terduduk diam memandangi jendela sambil menyadari sikap dan perilaku. Setelah selesai menjelaskan, Ayah pun mengerti. Penyebab konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
Bu Nisa tidak membagikan kartu ATM kepada tokoh aku.
Kebodohan tokoh aku dalam belajar.
Varia tidak mau memberikan sontekan kepada tokoh aku.
Kekesalan tokoh aku saat menjawab soal.
Soal 29 dari 40
29. Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut! Kartu ATM (1) "Sekarang pakai kartu ATM kalian!"perintah Bu Nisa, guru Agama kami. ATM itu singkatan dari Aku Tidak Menyontek. Untuk mendapat kartu itu kita harus mematuhi sebuah peraturan, yaitu tidak menyontek. Kartu ATM dipakai saat ulangan dan saat latihan. Tapi, aku tidak mempunyai kartu ATM karena aku orangnya tidak pintar dan malas belajar. (2) Ulangan pun dimulai. Aku mengerjakan soal-soal itu. Nomor 1, 3, 4, 7 dan 9, belum aku kerjakan karena kesulitan. Kulihat ke sampingku untuk bertanya. Sayangnya ia memakai kartu ATM. Kulihat ke arah lain. Mereka juga memakai kartu ATM. Bu Nisa tersenyum melihatku. Akhirnya, aku pun bertanya ke Varia dengan mengancam kalau tidak jawab, ia tidak akan boleh pulang denganku. Varia menunjukkan kartu ATM-nya. Aku mulai merasa kesal. Aku pun menjawab soal itu dengan asal. (3) Aku langsung berlari ke mobil Ayah. Aku biarkan Varia mencariku. Biarin aja dia mencariku. Siapa suruh ia tidak memberiku jawaban. Aku pun memasuki mobil Ayah. Kak Fani, kakak perempuanku, sudah berada di dalam mobil."Varia mana, Len?"tanya Ayah. "Mana aku tahu", ucapku sambil melihat ke arah Ayah. "Kita tunggu aja, ya,"kata Ayah. Aku tidak suka mendengar Ayah berkata begitu. Kulihat Varia membuka pintu mobil dengan muka pucat dan penuh dengan keringat. "Kamu kenapa tinggalin aku, Len?"tanya Varia. "Siapa suruh tadi kamu begitu,"ucapku dengan suara sedikit kasar. (4) "Varia, kamu pakai kartu ATM juga?"tanya Kak Fani. "Iya, Kak", jawab Varia. "Kakak juga ada", kata Kak Fani sambil menunjukkan kartu ATM-nya. "Kartu ATM itu apa?"tanya Ayah. Kak Fani dan Varia menjelaskan kartu ATM kepada Ayah. Aku hanya terduduk diam memandangi jendela sambil menyadari sikap dan perilaku. Setelah selesai menjelaskan, Ayah pun mengerti. Akibat konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
Varia tidak mau berteman lagi dengan Aku.
Aku tidak memiliki ATM karena merasa bodoh dan malas belajar.
Kesadaran Aku untuk mengubah sikap dan perilakunya.
Aku tidak memberikan tumpangan kepada Varia.
Soal 30 dari 40
30. Cermati teks berikut kemudian kerjakan soal berikut! Kabut Asap Riau Akhir-akhir ini pemirsa TV disuguhi berita tentang tebalnya kabut asap di Riau. Kabut asap tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan. Banyak warga yang merasa terganggu dan mengeluh. Tidak sedikit pula warga di luar Riau yang prihatin. Jika diteliti, kita tidak tahu alasan bagaimana hutan di Riau bisa terbakar karena pihak berwajib juga masih menyelidiki. Namun, dampak negatif bencana ini dengan sangat cepat dirasakan penduduk, seperti penyakit sesak napas dan jarak pandang. Kebakaran hutan yang menimbulkan asap sangat sulit untuk dipadamkan karena lahannya luas. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api. Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau petugas pemadam kebakaran. Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ...
Kebakaran hutan yang terjadi saat ini sangat sulit untuk dipadamkan karena luasnya lahan hutan.
Masyarakat hendaknya juga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman api tidak hanya mengeluh.
Diperlukan adanya kesabaran masyarakat untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan.
Diperlukan adanya usaha yang ekstra untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan tersebut.
Soal 31 dari 40
31. Cermati teks berikut kemudian kerjakan soal berikut! Kabut Asap Riau Akhir-akhir ini pemirsa TV disuguhi berita tentang tebalnya kabut asap di Riau. Kabut asap tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan. Banyak warga yang merasa terganggu dan mengeluh. Tidak sedikit pula warga di luar Riau yang prihatin. Jika diteliti, kita tidak tahu alasan bagaimana hutan di Riau bisa terbakar karena pihak berwajib juga masih menyelidiki. Namun, dampak negatif bencana ini dengan sangat cepat dirasakan penduduk, seperti penyakit sesak napas dan jarak pandang. Kebakaran hutan yang menimbulkan asap sangat sulit untuk dipadamkan karena lahannya luas. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api. Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau petugas pemadam kebakaran. Simpulan pendapat kontra pada teks tersebut adalah ...
Diperlukan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan itu.
Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan itu.
Suatu usaha yang sia-sia saja memadamkan kebakaran di kawasan hutan yang sudah terlanjur meluas dan banyak titik apinya.
Semua stakeholder harus bahu-membahu untuk dapat memadamkan api yang membakar kawasan hutan itu.
Soal 32 dari 40
32. Cermati kalimat berikut! Penjelasan apoteker di apotek tersebut belum difahami oleh pasien itu. Kata tidak baku pada kalimat tersebut adalah ....
apoteker
difahami
apotek
pasien
Soal 33 dari 40
33. Cermati kalimat berikut! Diksi sangat berpengaruh untuk mengkongkretkan makna secara utuh. Perbaikan kata bentukan mengkongkretkan pada kalimat tersebut adalah ...
mengongkretkan
mengonkritkan
mengonkretkan
menkongkretkan
Soal 34 dari 40
34. Cermati kalimat berikut! Rani tidak hanya cerdas, [...] juga senang menolong. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... .
melainkan
meskipun
karena
tetapi
Soal 35 dari 40
35. Cermati kalimat berikut! Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melarang berbagai macam hal yang berkaitan dengan perpeloncoan-perpeloncoan. Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah ...
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melarang berbagai macam yang berkaitan dengan perpeloncoan-perpeloncoan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melarang berbagai macam-macam hal perpeloncoan di sekolah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melarang berbagai hal yang berkaitan dengan perpeloncoan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melarang berbagai hal yang berkaitan dengan perpeloncoan-perpeloncoan.
Soal 36 dari 40
36. Cermati teks berikut! (1) Berkah libur panjang kali ini dirasakan semua pebisnis jasa. (2) Tak terkecuali pihak maskapai penerbangan. (3) Pelancong berlomba-lomba mendapatkan tiket sesuai tempat tujuan dari jauh hari sebelum libur panjang tiba. (4) Selain itu, mereka juga telah mempersiapkan perbekalan yang banyak. Perbaikan kalimat (4) agar teks tersebut padu adalah ...
Maskapai penerbangan juga memberikan bonus besar-besaran kepada para pelancong.
Mereka telah mempersiapkannya dengan matang untuk kenyamanan liburan.
Para pelancong menyiapkan liburan dengan banyak hal termasuk menyiapkan tiket tersebut.
Hal ini menyebabkan bisnis jasa transportasi meraup keuntungan yang besar.
Soal 37 dari 40
37. Cermati kalimat berikut! Kami saling bertukar cinderamata atau souvenir khas daerah masing-masing. Perbaikan penulisan kata yang bercetak miring yang tepat adalah ...
cindera mata dan suvenir
cendera mata dan suvenir
cinderamata dan sovenir
cenderamata dan sovenir
Soal 38 dari 40
38. Cermati kalimat berikut! Pemandangan di pantai itu sungguh [...] Kata sifat yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
indah
cantik
baik
bagus
Soal 39 dari 40
39. Cermati kalimat berikut! Hade ajaklah temanmu main ke sini? Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
Hade ajaklah, temanmu main ke sini.
Hade, ajaklah temanmu main ke sini!
Hade, ajaklah temanmu, main ke sini.
Hade ajaklah, temanmu main ke sini!
Soal 40 dari 40
40. Cermati kalimat berikut! Kami memerlukan bantuan Kalian kata ketua panitia. Penggunaan tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...
"Kami memerlukan bantuan Kalian kata ketua panitia."
"Kami memerlukan bantuan kalian," kata ketua panitia.
"Kami memerlukan bantuan Kalian, kata ketua panitia."
"Kami memerlukan bantuan kalian" kata ketua panitia.


Sumber : belajar.kemdikbud.go.id