Sabtu, 31 Oktober 2020

SMA KELAS 10 BIOLOGI LATIHAN BIOLOGI KELAS 11

Jenjang : SMA
Kelas : Kelas 10
Mata Pelajaran : Biologi
Nama Evaluasi : LATIHAN BIOLOGI KELAS 11
Pembuat : YANNY ROCHYANI



Soal 1 dari 25
1. Dewasa ini muncul suatu penyakit yang mematikan yang disebut SARS yang sudah menyebar di berbagai negara. Penyakit tersebut disebabkan oleh....
rhabdovirus
bakteriofage
coronavirus
retrovirus
virus hiv
Soal 2 dari 25
2. Flu burung merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari burung ke manusia. Ilmu yang mempelajari tentang karakteristik penyakit tersebut adalah ….
bakteriologi
virologi
sitologi
patologi
mikologi
Soal 3 dari 25
3. Bentuk reproduksi vegetatif pada ganggang dengan cara pemutusan bagian tubuh menjadi beberapa bagian disebut …
zoospora
pembelahan biner
isogami
fragmentasi
kojugasi
Soal 4 dari 25
4. Seorang siswa mencermati perbedaan lima kelas hewan vertebrata berdasarkan ruang jantung, suhu tubuh dan proses fertilisasi. Ciri yang tepat dari hewan vertebrata yang diamati oleh siswa tersebut adalah .… Hewan Ruang Jantung Suhu tubuh Fertilisasi
Amphibia - 3 Poikiloterm - Eksternal Ovipar
Aves - 4 Poikiloterm - Internal Vivipar
Reptilia - 4 Homoiterm - Eksternal Ovovivipar
Pisces - 2 Poikiloterm - Internal Ovipar
Mamalia - 4 Homoiterm - Internal Ovipar
Soal 5 dari 25
5. Untuk membuat oncom diperlukan bantuan jamur ….

Neurospora crassa
Penicillium notatum
Saccharomyces cereviceae
Rhizopus oligosporus
Aspergillus wentii
Soal 6 dari 25
6. daur nitrogen

Nitrosococcus dan Nitrosomonas
Acetobacter aceti dan Nitrosococcus
adsky dan Nitrosomonas Nitrobacter winogr
Acetobacter xylinum dan Methanomonas methanica
Azotobacter vinelandii dan Rhizobium leguminosarum
Soal 7 dari 25
7. Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur karbon ( C ) tersebut berikut ini: Proses yang terjadi pada tanda Y adalah ....
respirasi
pembakaran
mati
pengendapan
fotosintesis
Soal 8 dari 25
8. Perhatikan kelompok organisme berikut : Organisme di atas yang termasuk dalam kelompok Thallophyta adalah nomor.... 1 2 3 4 5 6
1, 3 dan 6
2, 5 dan 6
3, 4 dan 6
1, 2 dan 3
1, 2 dan 5
Soal 9 dari 25
9. Di kebun sekolah sekelompok siswa menemukan tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut: ditemukan di tempat lembab, dekat kolam ikan, dekat sumber air tubuh berwarna hijau,memiliki bagian mirip daun pada tumbuhan muda tampak bagian ujung yang menggulung, tidak memiliki bunga maupun buah memiliki struktur serupa akar berwarna coklat/ hitam. Dari ciri-ciri tersebut dapat dipastikan bahwa tumbuhan dimaksud termasuk kelompok ….
bryophyta
gymnospermae
angiospermae
pterydophyta
spermatophyta
Soal 10 dari 25
10. Perhatikan jaring-jaring makanan tersebut berikut ini : Jika faktor lingkungan yang lain tidak berubah dan berhubungan dengan faktor-faktor berikut ini jumlah populasi burung pemakan biji-bijian meningkat. jumlah populasi ulat akan menurun. jumlah populasi belalang akan meningkat jumlah tikus akan meningkat jumlah populasi ular menurun Kombinasi faktor yang paling dominan menyebabkan menurunnya produksi tanaman padi adalah ….
1, 4, 5
1, 3, 5
3, 4, 5
2, 3, 4
2, 4, 5
Soal 11 dari 25
11. Perhatikan jaring-jaring makanan tersebut berikut ini :
Jika terjadi perburuan ular, sedangkan faktor lingkungan yang lain tidak berubah, maka hal-hal berikut mungkin dapat terjadi, kecuali ….

jumlah populasi burung pemakan biji-bijian meningkat
jumlah populasi ulat akan menurun.
jumlah tikus akan meningkat
jumlah populasi belalang akan meningkat
produksi tanaman padi akan menurun
Soal 12 dari 25
12. Pemeriksaan ulang terhadap emisi gas yang dikeluarkan oleh kendaraan di kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya dan Jakarta adalah untuk mengurangi pengeluaran polutan "gas pembunuh", karena kemampuannya mengikat Hb sehingga sering mengakibatkan keracunan dan gangguan pada ibu hamil. Zat polutan yang berbahaya itu adalah ....
carbon monoksida
methana
carbondioksida
dietil dimetil toluena
sulfurdioksida
Soal 13 dari 25
13. Penggunaan pupuk buatan yang melebihi dosis dalam jangka waktu yang lama bagi perairan sekitarnya akan meningkatkan….
kandungan oksigen terlarut dalam air
keanekaragaman jenis air
penetrasi cahaya ke dalam air
keanekaragaman jenis tumbuhan air
populasi tumbuhan air tertentu
Soal 14 dari 25
14. Berikut adalah ciri – ciri tumbuhan: Mempunyai sorus Gametofit lebih dominan Mempunyai protonema Belum memiliki pembuluh angkut Tingkat sporofit lebih dominan dalam hidupnya Mempunyai protalium

Berdasarkan ciri – ciri diatas, yang termasuk tumbuhan paku / pteridophyta ditunjukkan oleh nomor ….

(1), (2) dan (3)
(3), (4) dan (5)
(4), (5) dan (6)
(1), (2) dan (3)
(2), (3) dan (5)
Soal 15 dari 25
15. Seorang siswa meneliti pengaruh pemberian pupuk terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanah. Ia mencampurkan media tanam berupa tanah, pasir, air dan pupuk. Semua pot percobaan diletakkan di tempat teduh dan selama masa penelitian ada satu pot yang ditutup plastik hitam. Dalam percobaan yang dilakukan dia menetapkan variabel bebas, variabel yang dimaksud adalah….
Variasi dosis pupuk urea
Variasi pertumbuhan tanaman
Suhu, cahaya matahari dan air
Tinggi rata-rata tanaman kacang tanah
Variasi biji kacang tanah
Soal 16 dari 25
16. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini: Ada pengaruh positif dari cahaya matahari terhadap pertumbuhan panjang kecambah jagung Pestisida X dapat menyembuhkan penyakit bercak kuning pada tanaman padi Tidak ada pengaruh pupuk X terhadap perkembangbiakan jamur kuping Perbedaan suhu tidak mempengaruhi perkembangbiakan bakteri X Dari pernyataan diatas, yang merupakan hipotesis nol adalah ….
1 dan 2
2 dan 3
3 dan 4
1 dan 3
2 dan 4
Soal 17 dari 25
17. Urutan metagenesis pada Fasciola hepatica (cacing hati) yang benar adalah ….
telur – sporokist – redia – cacing dewasa – metaserkaria – serkaria - mirasidium
telur – mirasidium – sporokist – redia – serkaria – metaserkaria – cacing dewasa
telur – mirasidium – redia – metaserkaria – serkaria – sporokist – cacing dewasa
telur – mirasidium – sporokist – serkaria – redia – metaserkaria – cacing dewasa
telur – mirasidium – redia – sporokist – metaserkaria – serkaria – cacing dewasa
Soal 18 dari 25
18. Pada siklus hidup cacing pita (Taenia saginata) telur yang dilepaskan bersama feses manusia akan menetas membentuk larva. Bila larva termakan oleh sapi (inang) lalu masuk ke usus, selanjutnya larva dewasa akan berkembang menjadi....
proglotid
onkosfer
kista
mirasidium
larva
Soal 19 dari 25
19. Pengelompokan organisme dapat didasarkan pada keanekaragaman tingkat gen dan tingkat spesies. Tanaman berikut yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen adalah …
jahe, srikaya dan mangga
jahe, temu ireng, dan temulawak
melon, mentimun, dan semangka
bunga mawar, bunga melati dan bunga kenanga
kelapa gading, kelapa hybrid, dan kelapa hijau
Soal 20 dari 25
20. Perhatikan tabel di bawah ini!





Beradasarkan ciri – ciri diatas, yang termasuk ke dalam kelas reptil adalah....

L
K
O
N
M
Soal 21 dari 25
21. Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya ….
pembuatan taman kota di perkotaan
penangkaran harimau sumatera di kebun binatang
melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya
pembiakan badak bercula satu di ujung kulon secara alami
memelihara burung beo di dalam sangkar
Soal 22 dari 25
22. Jamur memiliki ciri – ciri sebagai berikut: Hifa nonseptat Ujung – ujung hifa membentuk konidium Mengandung inti diploid Reproduksi aseksual dengan konidiospora Reproduksi seksual dengan oospora Ciri jamur dari kelompok Oomycotina adalah ....
2 dan 5
1 dan 5
1 dan 4
3 dan 5
2 dan 4
Soal 23 dari 25
23. Bunga bangkai ditumbuhkan di Kebun Raya Bogor supaya tetap lestari. Upaya pelestarian tersebut dapat dikategorikan dalam konservasi....
Out situ
Under situ
Ex situ
In situ
At situ
Soal 24 dari 25
24. Berikut ini adalah nama – nama bakteri yang terlibat dalam siklus nitrogen: 1. Azotobacter chrococcum 2. Anabaena 3. Rhizobium leguminosarum 4. Nitrosomonas Bakteri yang terlibat dalam fiksasi gas nitrogen yang bersimbiosis dengan polong - polongan adalah….
3 dan 4
1 dan 3
2 dan 4
1 dan 2
2 dan 3
Soal 25 dari 25
25. Seekor siput air hidupnya berpindah – pindah dari satu tempat ke tempat lain di dalam air. Pada cangkang siput tersebut menempel beberapa ganggang biru yang ikut terbawa ke mana pun siput itu bergerak. Bentuk interaksi antara siput air dan ganggang biru tersebut adalah….
netral
komensalisme
alelopati
parasitisme
komensalisme


Sumber : belajar.kemdikbud.go.id