Kelas : Kelas 7
Mata Pelajaran : IPA
Nama Evaluasi : UMUM
Pembuat : ANDRA ALTAMA
Soal 1 dari 29
1. setiap kantong plastik sebaiknya ditimbun dalam tanah
memberi sanksi kepada setiap pedagang yang membuang sampah plastik sembarangan
memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah
mengumpulkan botol dan gelas minuman dari plastik tersebut sebelum dibuang
Soal 2 dari 29
2. membuang limbah fosfat ke air mengolah eceng gondok untuk dijadikan barang yang bermanfaat menggunakan insektisida untuk memusnahkan eceng gondok pemakaian fosfat dalam deterjen di gantikan bahan kimia lain Upaya yang tepat untuk mengatasi melimpahnya tanaman eceng gondok seperti pada gambar adalah ....
1 dan 3
2 dan 4
2 dan 3
1 dan 2
Soal 3 dari 29
3. menyaring limbah cair dari setiap pabrik
setiap industri diwajibkan mempunyai unit pengolah limbah cair.
limbah cair dari industri sebaiknya dibuang di laut
sebaiknya limbah cair dibuang di tempat yang jauh dari lahan pertanian
Soal 4 dari 29
4. Persediaan air bersih semakin berkurang
Kadar karbondioksida di udara menurun
Angka kriminalitas naik
Jumlah pengangguran dan pengemis meningkat
Soal 5 dari 29
5. mengakibatkan banjir
sungai menjadi semakin dalam dan lebar
sampah busuk dapat menyebarkan penyakit
menurunnya kualitas air sumur
Soal 6 dari 29
6. Semakin banyak pengangguran
Lahan pertanian semakin sempit
Kadar oksigen di udara semakin berkurang
Taraf kesehatan masyarakat menurun
Soal 7 dari 29
7. radang saluran pernapasan karena karbonmonoksida mengendap pada saluran tersebut
pengikatan karbonmonoksida oleh leukosit sehingga imunitas tubuh menjadi berkurang
penurunan Hb dalam darah karena kerusakan Hb oleh karbonmonoksida
pengikatan oksigen oleh eritrosit terganggu karena afinitas eritrosit terhadap karbonmonoksida lebih tinggi dibandingkan dengan oksigen
Soal 8 dari 29
8. penurunan keanekaragaman hayati sehingga mempengaruhi keseimbangan ekologi
peningkatan kualitas air tanah karena penggunaan yang meningkat
peningkatan hasil hutan karena peningkatan perburuan
peningkatan areal pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan
Soal 9 dari 29
9. tumbuhan dan hewan tanah mati
tanah menjadi tidak subur
merusak lapisan ozon
terjadinya efek rumah kaca
Soal 10 dari 29
10. jumlah ketersediaan pangan meningkat
daya dukung lingkungan meningkat
kebutuhan air bersih meningkat
jumlah air bersih meningkat
Soal 11 dari 29
11. mengumpulkan botol dan gelas minuman dari plastik tersebut sebelum dibuang
setiap kantong plastik sebaiknya ditimbun dalam tanah
memberi sanksi kepada setiap pedagang yang membuang sampah plastik sembarangan
memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah
Soal 12 dari 29
12. penutupan pabrik kendaraan dan pelarangan membuang sampah
pengurangan kendaraan bermotor dan daur ulang sampah
penghijauan dan daur ulang sampah
pengolahan limbah dan terasering
Soal 13 dari 29
13. (1), (2), dan (3)
(2), (3), dan (5)
(1), (4), dan (6)
(2), (3), dan (6)
Soal 14 dari 29
14. produsen mampu membuat makanan sendiri, sedangkan konsumen tidak
produsen terdiri atas beberapa tingkat, sedangkan konsumen tidak
konsumen dapat berfotosintesis, sedangkan produsen tidak
konsumen biasanya tumbuhan, sedangkan produsen berupa plankton
Soal 15 dari 29
15. penghasil enzim
penghasil oksigen
penghasil makanan
penghasil energi
Soal 16 dari 29
16. di dalamnya ada proses saling memangsa
terdapat sekumpulan populasi yang berbeda
adanya interaksi dengan komponen abiotik
terdapat peran pengurai
Soal 17 dari 29
17. 3 dan 7
4 dan 5
6 dan 8
1 dan 2
Soal 18 dari 29
18. menjaga kelestarian katak
menjaga kelestarian elang
mengusir burung pemakan padi
membasmi hama belalang dengan pestisida
Soal 19 dari 29
19. dinding sel
badan golgi
membran sel
sitoplasma
Soal 20 dari 29
20. membran inti
DNA
lisosom
dinding sel
Soal 21 dari 29
21. ikat, epitel, dan otot
epidermis, otot, dan saraf
epitel, saraf, dan parenkima
meristem, saraf, dan epitel
Soal 22 dari 29
22. 2 dan 4
1 dan 3
2 dan 3
1 dan 4
Soal 23 dari 29
23. 2 dan 3
1 dan 4
2 dan 4
1 dan 3
Soal 24 dari 29
24. (1), (2), (5)
(1), (2),(4), (5)
(1), (3), (4)
(1), (2), (3), (4)
Soal 25 dari 29
25. 1, 2, 3, 4
2, 3, 5
2, 3, 4, 5
1, 2, 5
Soal 26 dari 29
26. 2 dan 4
3 dan 4
1 dan 2
2 dan 3
Soal 27 dari 29
27. 2 dan 3
1 dan 3
3 dan 4
1 dan 2
Soal 28 dari 29
28. komensalisme
parasitisme
netralisme
mutualisme
Soal 29 dari 29
29. mutualisme
parasitisme
netralisme
komensalisme
Sumber : belajar.kemdikbud.go.id