Kelas : Kelas 10
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama Evaluasi : PENILAIAN HARIAN
Pembuat : ROCHANI ROCHANI
Soal 1 dari 20
1. deskripsi bagian, pernyataan umum, dan deskripsi manfaat
deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan pernyataan umum
pernyataan umum, deskrpisi manfaat, dan deskripsi bagian
deskripsi manfaat, pernyataan umum, dan deskripsi bagian
pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat
Soal 2 dari 20
2. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable.
Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain.
Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan baik oleh alam maupun manusia.
Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya.
Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.
Soal 3 dari 20
3. Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat.
Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk.
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses
Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan rutin yang dilakukan oleh alam maupun manusia.
Sampah ini dapat diolah menjadi kompos.
Soal 4 dari 20
4. Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup.
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Soal 5 dari 20
5. Wilayah itu terdiri dari persawahan dan tanaman sayuran hijau.
Di taman selain tanaman bunga juga terlihat pohon jeruk kintamani yang sedang berbuah.
Pemandangan puncak begitu menyejukan tetapi medannya cukup berbahaya.
Perkebunan kopi arabika yang buahnya mulai kemerahan dijaga agar dapat dipanen.
Bukit itu dipenuhi pohon pinus yang tinggi-tinggi.
Soal 6 dari 20
6. (2 ). Mbah Sarmo sudah membagi hartanya hingga habis kepada anak-anaknya.
(3). Sebagai manusia kita harus bisa berbagi dengan yang lain.
(4). Kartu tes akan dibagikan besok pagi.
(5). Pembagian buku rapor akan dilaksanakan setelah liburan.
Kata bercetak miring dalam kalimat di atas yang berupa kata benda (nomina) adalah kalimat nomor ….
3
1
5
4
2
Soal 7 dari 20
7. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana
Bencana alam dapat terjadi di manapun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
Soal 8 dari 20
8. Di bawah ini kalimat definisi yang benar adalah …
Gembira Loka, Ragunan, dan Tinjomoyo adalah tempat para binatang di tangkar.
Harimau adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
Binatang-binatang di kebun binatang itu adalah sumbangan dari presiden.
Harimau dan kucing adalah binatang yang mahal harganya.
Anak harimau tutul itu adalah perpaduan harimau loreng dengan harimau belang.
Soal 9 dari 20
9. melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif
menginterpretasi hasil observasi
menganalisis teks laporan hasil obsrva
melaporkan hasil observasi
menafsirkan hasil observasi
Soal 10 dari 20
10. Kakak mencuci motor di halaman rumah.
Ibu sedang berbicara dengan ayah di ruang tamu.
Rumah tetangga dimasuki orang tak dikenal.
Paman melempar bola sekencang-kencangnya.
Nenek mengunyah makanan sampai halus.
Soal 11 dari 20
11. Keanekaragaman suku bangsa menjadikan perbedaan yang mempersatukan bangsa.
Burung itu sedang membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang.
Tetangga saya sedang membagi-bagikan uang kepada orang yang membutuhkan.
Upacara bendera dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Harimau dapat digolongkan dalam kelas hewan pemakan daging.
Soal 12 dari 20
12. Rumah itu paling mewah di antara rumah-rumah yang ada di pemukiman.
Robot yang baru itu dapat bergerak dengan lincahnya.
Kakak mendapat bagian upahnya karena telah menyelesaikan pekerjaan itu.
Paman sedang mengobati ayam-ayamnya di kandang belakang.
Tanaman kacang akan tumbuh apabila disiram setiap hari.
Soal 13 dari 20
13. Pak Andi pergi ke kantor naik sepeda motor dan pak Indra pergi ke kantor naik sepeda motor.
Pak Andi pergi ke kantor naik sepeda motor dan pak Indra pergi ke kantor naik sepeda motor
Pak Andi dan pak Indra pergi ke kantor naik sepeda motor.
Pak Andi pergi ke kantor naik sepeda motor dan pak Indra juga naik sepeda motor
Pak Andi dan pak Indra pergi ke kantor naik sepeda motor
Soal 14 dari 20
14. Bibi memasak sayur asam di dapur.
Andi menendang bola dengan kuat.
Paman menjual barang-barang pecah belah di pasar Tanjung Sari.
Ayah berdagang barang-barang elektronik di pasar Gede.
Adik memainkan bola kaki bersama teman-teman di lapangan.
Soal 15 dari 20
15. Ayah memperbaiki sepeda motor baru di garasi.
Paman membelikan bibi kebaya baru di Rita Pasaraya.
Andi bermain sepak bola di lapangan.
Kakak menulis surat undangan dengan semangat.
Kita membawa alat-alat tulis yang memadai.
Soal 16 dari 20
16. Ambar berdagang di pasar gede.
Annisa mempelajari bahasa Indonesia
Salsabila belajar biologi
Pak Budi menerangkan peta buta
Didi bermain di lapangan.
Soal 17 dari 20
17. 1,2,3,4
1,2,4,5
2,3,5,7
4,5,6,7
3,4,5,6
Soal 18 dari 20
18. 1, 6, dan 7
4, 5, dan 6
5, 6, dan 7
2, 3, dan 7
3, 5, dan 6
Soal 19 dari 20
19. 1. Memilih objek pengamatan
2. Mengumpulkan data dari hasil pengamatan
3. Menyusun definisi dan klasifikasi
4. Menyusun teks
5. Menentukan judul
Urutan langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi yang tepat adalah ….
1, 2, 3, 5 dan 4
2, 3, 4, 5, dan 1
2, 3, 4, 1 dan 5
1, 2, 3, 4, dan 5
1, 2, 4, 3, dan 5
Soal 20 dari 20
20. Adik sedang bermain bola di lapangan.
Kakak membelikan adik mainan baru.
Ibu berdagang pakaian di pasar Umbul Harjo.
Ayah pergi ke kantor ketika ibu sedang menyiram bunga.
Arman menuliskan kakek surat keterangan pensiunan.
Sumber : belajar.kemdikbud.go.id