Jumat, 23 Oktober 2020

SMA KELAS 10 SEJARAH SMATJJ_SEJARAH_KELAS X_UBLOK

Jenjang : SMA
Kelas : Kelas 10
Mata Pelajaran : Sejarah
Nama Evaluasi : SMATJJ_SEJARAH_KELAS X_UBLOK
Pembuat : ITA RAHMAWATI SURYA DEWI



Soal 1 dari 20
1. Perhatikan pernyataan berikut Mempunyai obyek Bersifat Empiris mempunyai metode mempunyai generalisasi. Mempunyai fakta Mempunyai imajinasi Sebagai ilmu pengetahuan sejarah adalah gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami manusia, disusun secara ilmiah. Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah.....
(1), (2), (3) dan (5)
(2), (3), (4) dan (6)
(1), (3), (4) dan (5)
(2), (3), (5) dan (6)
(1), (2), (3) dan (4)
Soal 2 dari 20
2. Tidak semua peristiwa yang terjadi di masa lampau disebut sebagai peristiwa sejarah. Peristiwa sejarah memiliki ciri-ciri…..
bersifat umum, terjadi satu kali dan berpengaruh terhadap orang banyak
bersifat umum, terjadi beulang-ulang dan tidak berpengaruh terhadap orang banyak
bersifat umum, terjadi satu kali dan tidak berpengaruh terhadap orang banya
bersifat unik, terjadi satu kali dan berpengaruh terhadap orang banyak
bersifat unik, terjadi berulang-ulang dan berpengaruh terhadap orang banyak?
Soal 3 dari 20
3. Dalam penulisan sejarah seorang sejarawan memerlukan ilham,imajenasi, emosi dan gaya bahasa, misalnya sejarawan mengambarkan Perang Aceh ia harus mampu berimajinasi tentang gambaran alam di Aceh, melibatkan emosional yang menggambarkan keadaan perang yang sebenarnya melawan Belanda. Berkaitan dengan ilustrasi di atas maka ruang lingkup sejarah sebagai....
kisah
sastra
ilmu
seni
peristiwa
Soal 4 dari 20
4. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 ditelusuri dengan perjuangan kemerdekaan, dijelaskan, diuraikan dalam berbagai aspek diantaranya sosial, politik, ekonomi dan hubungan internasional, cara berpikir sejarah dengan gejala fenomena yang terjadi memperluas ruang dan waktu yang terbatas adalah.....
kausalitas
periodisasi
kronologis
sinkronik
diakronis
Soal 5 dari 20
5. Ilmu sejarah termasuk dalam kajian ilmu sosial dan budaya sama seperti sosiologi, antropologi, dan arkeologi. Akan tetapi dalam proses penelitiannya sejarah memiliki keunikan. Hal yang membedakan sejarah dengan ilmu sosial yang lain adalah....
kajian dalam ilmu sejarah berterkaitan dengan kehidupan manusia
sejarah mengkaji mengenai masa lalu
ruang lingkup kajian sejarah dibatasi waktu,tempat dan peristiwa
dalam sejarah sangat diperhatikan perubahan masyarakat
sejarah memiliki kemampuan menganalisis kehidupan suatu masyarakat
Soal 6 dari 20
6. Cara berfikir dalam kajian sejarah bersifat kronologis. Maksud dari pernyataan tersebut adalah….
kajian sejarah berkaitan dengan pengaruh tokoh besar
kajian sejarah berdasarkan urutan peristiwa
kajian sejarah berdasarkan fakta peristiwa sejarah yang benar-benar terjadi?
kajian sejarah berkaitan dengan perubahan yang terjadi dalam peradaban manusia
kajian sejarah berkaitan dengan aspek sosial, ekonomi dan politik
Soal 7 dari 20
7. Gerakan yang dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia pada tahun 1998 untuk mengadakan reformasi menunjukkan bahwa….
peristiwa yang terjadi dapat merubah kehidupan manusia
sejarah akan berkembang?
peristiwa satu dengan yang lain saling berkesinambungan
peristiwa yang terjadi merupakan peristiwa yang unik
peristiwa sejarah akan terulang
Soal 8 dari 20
8. Pembagian atau pembabakan berbagai peristiwa masa lampau disebut....
multidimensi
periodisasi
diakronis
sinkronik
episodesasi
Soal 9 dari 20
9. Sejarah sebagai ilmu memiliki sifat empiris yang berarti….
mempelajari suau peristiwa yang benar-benar terjadi
mempelajari ilmu-ilmu sosial yang berhubungan dengan ilmu sejarah?
ilmu sejarah merupakan ilmu yang tidak dapat berdiri sendiri
mempelajari peristiwa yang terjadi di masa kini
?ilmu sejarah tidak tergantung pada ilmu-ilmu yang lain
Soal 10 dari 20
10. Sejarah dalam arti objektif menurut Sartono Kartodirdjo berarti merupakan…..
persitiwa-peristiwa besar yang menjadi obyek kajian para peneliti sejarah
kejadian atau peristiwa sejarah yang tidak dapat terulang kembali
rangkaian fakta-fakta yang disusun kembali oleh para sejarawan
rangkaian peristiwa yang berulang-ulang secara anakronis
?peristiwa yang berpengaruh besar pada zamannya dan sesudahnya
Soal 11 dari 20
11. Sebagai peristiwa masa lampau sejarah memiliki ciri-ciri geschichte, einmalig, dan unique. Ciri einmalig dalam sejarah berarti....
sejarah hanya terjadi sekali dan tidak terulang kembali
peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali saja
sejarah tidak pernah berubah dan tetap dikenang
sejarah bersandar pada kehidupan manusia
sejarah menentukan kehidupan orang banyak
Soal 12 dari 20
12. Istilah sejarah ini berasal dari bahasa Arab yang mengandung pengertian sebuah pohon, yang kemudian mengalami perkembangan yang berarti silsilah, riwayat istilah yang dimaksud adalah….
Syajaratun
Geschichte
Historia
Tarikh
History
Soal 13 dari 20
13. Berikut ini yang merupakan berkesesuaian dengan pernyataan bahwa sejarah hanya mempelajari manusia adalah…..
manusia memiliki beberapa kemiripan dengan makhluk yang lain
keterbatasan manusia secara fisik dibandingkan dengan makhluk lain
manusia selalu dibatasi oleh ruang secara geografis?
?peradaban manusia yang dinamis dari waktu ke waktu
?kepemimpinan manusia sebagai khalifah bumi
Soal 14 dari 20
14. Sejarah bangsa Indonesia memiliki perbedaan dengan sejarah bangsa Malaysia meskipun berasal dari rumpun melayu. Unsur pembeda dalam pernyataan tersebut adalah…..
konflik
pemerintahan
ras
ideologi
ruang
Soal 15 dari 20
15. Berikut contoh makna dalam berkesinambungan sejarah adalah…..
?proklamasi Indonesia dilatarbelakangi oleh kekalahan Jepang terhadap Sekutu
kemerdekaan Indonesia digerakkan oleh nasionalisme Indonesia?
soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jl. Peganggsaan Timur
?para pemuda menyiarkan berita proklamasi melalui radio ke seluruh Indonesia
?kemerdekaan Indonesia bukan pemberian Jepang
Soal 16 dari 20
16. Pada masa pemerintahan Orde Baru tahun 1966-1998 sistem pemerintahan RI secara sentralistik yang sarat dengan KKN, kepala daerah Gubernur dan Bupati ditentukan oleh Presiden diubah di era reformasi menjadi Otonomisasi Daerah dimana jabatan kepala daerah dipilih oleh rakyat melalui Pilkada . Contoh di atas menunjukan adanya konsep ….
kesinambunggan sejarah
kausalitas sejarah
pengulangan sejarah
perkembangan sejarah
perubahan sejarah
Soal 17 dari 20
17. Berikut ini merupakan contoh yang memiliki manfaat dalam memberikan pelajaran yang baik yaitu…..
kekalahan perang Uhud disebabkan kelalaian pasukan pemanah yang tergoda oleh godaan duniawi berupa harta rampasan perang
perjuangan para pemuda tahun 1928 berbuahkan hasil yaitu tercapainya kesepakatan untuk berbangsa, berbahasa dan bertanah air satu Indonesia
pada setiap tanggal 30 September, mengibarkan bendera setengah tiang untuk memperingati tragedi berdarah G 30S/PKI tahun 1965
film "Sang Pencerah" yang menyajikan kisah perjuangan K.H Ahmad Dahlan yang menarik untuk ditonton dan dipelajari lebih mendalam?
muhammad ibnu Abdullah seorang pengusaha muda yang terkenal karena kejujuran dan keuletannya dalam berbisnis baik dalam lingkungan lokal dan internasional pada abad 6 M
Soal 18 dari 20
18. Orang yang belajar sejarah cenderung memiliki pola pikir multidimensional, saat meneliti sebuah permasalahan ia akan melihat dari beragam sisi sehingga tercapai kesimpulan yang yang sempurna. Berkaitan dengan gambaran tersebut maka sejarah bermanfaat untuk melatih....
keakuratan
penalaran
kedisiplinan
kebijaksanaan
kejujuran
Soal 19 dari 20
19. Perhatikan pernyataan di bawah ini ! Memberikan kesenangan dan sumber informasi Memberikan semangat cinta tanah air Memberikan pelajaran yang baik Memperkokoh rasa kebangsaan (Nasionalisme) Memberikan kesadaran waktu dan sumber inspirasi Dari pernyataan di atas yang merupakan arti penting sejarah bagi kehidupan masa kini adalah.....

(2), (3) dan (4)
(1), (2) dan (3)?
(1), (2) dan (4)
(3), (4) dan (5)
(2), (4) dan (5)
Soal 20 dari 20
20. Peristiwa Mei 1998 jatuhnya pemerintahan Soeharto yang digerakkan oleh para mahasiswa dan golongan akademisi, pernah terjadi pula pada saat mahasiswa turut mendukung jatuhnya pemerintahan Soekarno pada tahun 1966. Dalam contoh peristiwa sejarah di atas bila dikaitkan dengan konsep waktu dalam sejarah merupakan…
perubahan
pengulangan
kesinambungan
perkembangan
konsep kausalitas


Sumber : belajar.kemdikbud.go.id