Selasa, 20 Oktober 2020

SMP KELAS 7 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI LATIHAN INFORMATIKA DI LPMP

Jenjang : SMP
Kelas : Kelas 7
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Nama Evaluasi : LATIHAN INFORMATIKA DI LPMP
Pembuat : SUSI DEFRIENI



Soal 1 dari 10
1. Pada Cell A5 (kolom No.) Pak Surya ingin memasukkan nomor urut sebanyak 32 nomor secara cepat. Bagaimana Pak Surya melakukannya ?
Mengetikkan angka 1 sampai angka 32 di setiap baris secara manual
Mengetikkan angka 1 dan angka 2 - Klik Cell A5 (Angka 2) - Arahkan pointer mouse pada ujung kanan bawah garis pembatas sehingga pointer mouse berubah menjadi tanda plus (Fill Handle) - Klik dan drag Fill Handle ke area sel yang diinginkan. Misal, A6:A36 lalu lepaskan mouse
Mengetikkan angka 1 dan angka 2 - Blok Cell A5:A6 (Angka 1 dan 2) - Arahkan pointer mouse pada ujung kanan bawah garis pembatas sehingga pointer mouse berubah menjadi tanda plus (Fill Handle) - Klik dan drag Fill Handle ke area sel yang diinginkan. Misal, A5:A36 lalu lepaskan mouse
Mengetikkan angka 1 – klik Cell A5 (Angka 1) - Arahkan pointer mouse pada ujung kanan bawah garis pembatas sehingga pointer mouse berubah menjadi tanda plus (Fill Handle) - Klik dan drag Fill Handle ke area sel yang diinginkan. Misal, A5:A36 lalu lepaskan mouse
Soal 2 dari 10
2. Pak Surya ingin menghitung rata-rata hasil penilaian harian mata pelajaran (HPH) pada Kolom O untuk siswa bernama Ahmad, maka Pak Surya memasukkan rumus untuk menghitung rata-rata nilai HPH yaitu AVERAGE. Bagaimana penulisan rumus yang bena?
AVERAGE(E5:N8)
AVERAGE(O5:O8)
. EVERAGE(O5)
AVERAGE(E5:N5
Soal 3 dari 10
3. Pak Surya telah menghitung rata-rata hasil penilaian harian mata pelajaran (HPH) pada Kolom O untuk siswa bernama Ahmad sebesar 81.22. Setelah diperhatikan ternyata terdapat kekeliruan pada hasil HPH harusnya 81,10 disebabkan karena hasil perhitungan rumus hanya menghitung nilai pada kolom E s.d M, sedangkan kolom N pada nilai informatika belum terhitung. Bagaimana cara Pak Surya memperbaiki rumus untuk nilai HPH (Kolom O)?
Klik 2 kali pada Cell N5 untuk memunculkan rumusnya lalu rubahlah E5:M5 menjadi E5:N8
Klik 2 kali pada Cell O5 untuk memunculkan rumusnya lalu rubahlah E5:M5 menjadi E5:N5
Klik 2 kali pada Cell O5 untuk memunculkan rumusnya lalu rubahlah E5:M5 menjadi E5:N8
Klik 2 kali pada Cell N5 untuk memunculkan rumusnya lalu rubahlah E5:M5 menjadi E5:N8
Soal 4 dari 10
4. Pak Surya ingin menghitung rata-rata hasil penilaian harian mata pelajaran (HPH) pada kolom O untuk siswa lain selain Ahmad. Bagaimana Pak Surya melakukannya
Menggunakan fungsi COPY formula pada siswa Ahmad dan fungsi PASTE pada siswa selain Ahmad
Mengetikkan kembali rumus fungsi statistik yaitu AVERAGE pada siswa bernama Ahmad
Mengetikkan rumus fungsi statistik yaitu SUM pada siswa selain Ahmad
Mengetikkan kembali rumus fungsi statistik yaitu AVERAGE pada setiap siswa selain Ahmad
Soal 5 dari 10
5. Santi sebagai seorang tenaga administrasi di kantor CV. Rent Car diminta oleh atasannya untuk membuat analisis jumlah kendaraan yang dimiliki perusahaan. Untuk memudahkan maka santi menggunakan fitur PivotTable. Bagaimana mengaktifkan PivotTable?
Buka File berisi Data – Klik Insert – Klik PivotTables.
Buka File berisi Data – Klik Insert – Klik BlankPivotTables.
Buka File berisi Data – Klik Insert – Klik Tables.
Buka File berisi Data – Klik Insert – Klik RecommendedPivotTables
Soal 6 dari 10
6. Pada Cell B5 (Kolom NISN) Pak Surya ingin mengisi kolom NISN siswanya, tetapi setiap kali Pak Surya mengetikkan NISN : 0050190001 lalu menekan enter, maka yang tampil adalah NISN : 50190001 (angka 00 di depan hilang). Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang harus Pak Surya lakukan agar 2 digit angka 00 pada NISN tersebut bisa tampil
Awalan 0 pada NISN dikenal oleh aplikasi lembar sebar sebagai teks bukan sebagai angka yang digunakan untuk perhitungan sehingga Pak Surya harus mengetikkan tanda plus ( + ) di awal NISN.
Awalan 0 pada NISN dikenal oleh aplikasi lembar sebar sebagai angka yang digunakan untuk perhitungan sehingga Pak Surya tidak harus mengetikkan angka 0 di awal NISN.
Awalan 0 pada NISN dikenal oleh aplikasi lembar sebar sebagai teks bukan sebagai angka yang digunakan untuk perhitungan sehingga Pak Surya harus mengetikkan tanda sama dengan ( = ) di awal NISN.
Awalan 0 pada NISN dikenal oleh aplikasi lembar sebar sebagai teks bukan sebagai angka yang digunakan untuk perhitungan sehingga Pak Surya harus mengetikkan tanda petik ( ' ) di awal NISN
Soal 7 dari 10
7. Pak Didik adalah kepala TU di SMP Jaya diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk membuat profil sekolah yang akan disajikan pada rapat komite sekolah dalam bentuk video. Pada Laptop Pak Didik hanya berisi aplikasi Microsoft Office. Bagaimana Pak Didik menyelesaikan tugas yang diberikan?
Membuat profil sekolah pada aplikasi powerpoint dan menyimpannya dengan type MP4.
Berterus terang pada kepala sekolah bahwa Pak Didik tidak bisa menyelesaikan tugasnya
Menyerahkan tugas tersebut pada orang lain.
Membuat profil sekolah pada aplikasi powerpoint sesuai kemampuannya.
Soal 8 dari 10
8. Pak Didik adalah kepala TU di SMP Jaya diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk membuat surat undangan rapat komite untuk dikirimkan kepada orang tua siswa melalui aplikasi Whatsapp. Pada Laptop Pak Didik hanya berisi aplikasi Microsoft Office. Bagaimana Pak Didik membuat file surat yang bisa dibuka oleh seluruh undangan pada aplikasi whatsapp
Berterus terang pada kepala sekolah bahwa Pak Didik tidak bisa menyelesaikan tugasnya
Membuat surat undangan pada aplikasi microsoft word, lalu menyimpannya dengan type Pdf dan mengirimkan filenya ke whatsapp
Membuat surat undangan pada aplikasi microsoft word dan mengirimkan filenya ke whatsapp.
Menyerahkan tugas tersebut pada orang lain.
Soal 9 dari 10
9. Pak Didik adalah kepala TU di SMP Jaya diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk membuat proposal renovasi toilet sekolah. Ketika Pak Didik mengisi nilai 700000 pada kolom tanggal kegiatan di Microsoft Excel muncul nilai ####. Mengapa symbol tersebut muncul ?
Simbol #### muncul karena nilai yang dimasukkan tanggal pada kolom format waktu
Simbol #### muncul karena nilai yang dimasukkan angka pada kolom format tanggal
Simbol #### muncul karena lebar kolom yang terlalu lebar
Simbol #### muncul karena lebar kolom yang sempit
Soal 10 dari 10
10. Anak-anak di SMP KPTK sedang belajar mengenai bangun ruang. Guru mereka mengajarkan cara menghitung luas segitiga. Jika cara menghitung luas segitiga tersebut dibuatkan sebuah algoritma, maka algoritma yang benar adalah
Input alas – Input tinggi – input luas = (alas * tinggi) / 2 – Tampilkan luas.
menghitung luas = (alas * tinggi) / 2 – Tampilkan luas - Input alas – Input tinggi.
Input alas – Input tinggi – menghitung luas = (alas * tinggi) / 2 – Tampilkan luas.
Input alas – Input tinggi – input ½ - menghitung luas = (alas * tinggi) / 2 – Tampilkan luas


Sumber : belajar.kemdikbud.go.id