Selasa, 20 Oktober 2020

SMP KELAS 9 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UH BAB 1 KELAS 9B

Jenjang : SMP
Kelas : Kelas 9
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Nama Evaluasi : UH BAB 1 KELAS 9B
Pembuat : WARYANTO S.PD.



Soal 1 dari 25
1. Separatisme merupakan bentuk ancaman ter- hadap Pancasila karena . . . .
menginginkan memisahkan diri dari NKRI
memberikan pengaruh buruk terhadap warganegara
menuntut perubahan ideologi negara
mengajarkan untuk menentang pemerintahanyang berdaulat
Soal 2 dari 25
2. Upaya yang dapat dilakukan warga negara secara individu untuk membendung ancaman terhadap Pancasila dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan . . . .
mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada orang lain supaya mereka mampu bersikap sesuai nilai Pancasila
menemui presiden untuk menyampaikan secara langsung muatan nilai-nilai Pancasila yang harus diimplementasikan
membuat kebijakan publik dan membentuk sistem hukum yang sesuai Pancasila
mempelajari nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Soal 3 dari 25
3. Makna nilai Pancasila yang dapat dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
membentuk pemerintahan otoriter
melakukan pemilihan presiden secara demokratis
membuat peraturan yang mementingkan golongan tertentu
mengarahkan teman supaya mengikuti kehendak kita
Soal 4 dari 25
4. Dinamika nilai-nilai Pancasila setiap masa pemerintahan berbeda-beda. Dinamika yang terjadi pada masa Orde Lama menunjukkan adanya kedekatan pemerintah Indonesia dengan negara-negara yang berhaluan kiri. Hal tersebut tecermin dari peristiwa . . . .
tidak adanya pemilihan umum masa Orde Lama
dibuatnya poros Jakarta–Peking dan Jakarta–Pyong Yang
munculnya gerakan reformasi
pembangunan Monumen Nasional
Soal 5 dari 25
5. Orde Baru dianggap gagal dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Kegagalan tersebut dapat terlihat dari adanya peristiwa . . . .
reformasi
pembacaan Dekret Presiden 5 Juli 1959
G 30 S/PKI
perdamaian RI–GAM
Soal 6 dari 25
6. Pemerintah reformasi berupaya mengembalikan kemurnian nilai-nilai Pancasila. Upaya tersebut terlihat dari berbagai peristiwa, kecuali ....
tidak adanya sentralisasi kebijakan secara vertikal
dilaksanakan pemilihan umum sesuai asas pemilihan umum
membujuk Timor Leste kembali menjadi bagian negara Indonesia
terjadinya perdamaian antara RI–GAM
Soal 7 dari 25
7. Contoh nilai praksis Pancasila yang berasal dari nilai instrumental pasal 22E UUD 1945 terwujud dalam kegiatan . . . .
pelaksanaan pemilihan presiden dan wakilpresiden
mengikuti kerja bakti di lingkungan masyarakat
mengerjakan pekerjaan sekolah dengan baik
membantu ibu mencuci piring
Soal 8 dari 25
8. Alasan kuat yang mendukung bahwa bangsa Indonesia akan mudah mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
setiap sila Pancasila memiliki karakteristik yang mudah untuk diaplikasikan
setiap nilai Pancasila berasal dari kebudayaan masyarakat Indonesia
sila-sila Pancasila sudah dijabarkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan
nilai Pancasila sudah menjadi bagian dari nilai universal
Soal 9 dari 25
9. Bangga sebagai bangsa Indonesia dapat di-implementasikan dengan cara ....
menutup semua pergaulan dengan luar negeri
menggunakan produk dalam negeri
menggunakan kebudayaan bangsa lain
menggunakan bahasa daerah dalam semuasituasi dan kondisi
Soal 10 dari 25
10. Perwujudan nilai pertama Pancasila dilingkungan sekolah tecermin dalam kegiatan . . . .
membantu korban bencana alam
beribadah bersama anggota keluarga
berdoa sebelum belajar
mengajak teman berbeda agama melakukanibadah bersama
Soal 11 dari 25
11. Perhatikan wacana berikut!
Setiap negara mempunyai dasar negara. Indonesia menganut Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam setiap sendi kehidupan bangsa. Amerika Serikat sebagai penganut liberal mengimplementasikan nilai-nilai liberalisme dalam semua aspek kehidupannya. Indonesia dan Amerika Serikat jelas mempunyai dasar negara yang berbeda. Akan tetapi, keduanya sampai sekarang masih berpegang teguh pada pilihan masing-masing.
Wacana di atas menunjukkan bahwa . . . .

kedua negara mempunyai pemerintahan otoriter karena hanya memilih satu bentuk dasar negara
Pancasila merupakan satu-satunya dasar negara yang sukses membawa Indonesia merdeka
liberal dan Pancasila memiliki persamaan mendasar mengenai pandangan sosial budaya
dasar negara dapat eksis karena didukungoleh kehidupan sosial budaya masyarakatsekitar
Soal 12 dari 25
12. Perhatikan wacana berikut!
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Setiap warga negara mempunyai kewajiban menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Hal ini sangat penting sebagai upaya mencegah adanya ancaman terhadap Pancasila. Apabila masyarakat sangat minim pengetahuan dan kepeduliannya terhadap Pancasila bisa dikatakan bahwa Pancasila sedang terancam kedudukannya sebagai dasar negara.
Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengubah Pancasila. Apabila Pancasila diubah atau dihapuskan, sama dengan menghapus negara Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Dalam wacana terdapat kalimat ''Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengubah Pancasila''. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa . . . .

Pancasila sebagai dasar negara bisa diubah oleh orang atau golongan tertentu yang tidak menghendaki negara Indonesia menganut dasar negara Pancasila
warga negara Indonesia tidak menghendaki Pancasila sebagai dasar negara karena tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya masyarakat setempat
pemerintah akan mengubah dasar negara Pancasila dengan nilai-nilai yang disepakati masyarakat
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara akan tetap kuat apabila didukung oleh pemerintah dan warga negara
Soal 13 dari 25
13. Simaklah wacana berikut!
"Sofyan bersama teman-teman OSIS mengadakan bakti sosial di Desa Suka Asih. Mereka menyediakan berbagai baju layak pakai dan makanan. Akan tetapi, semua persediaan yang dimiliki dirasa kurang cukup.
Sofyan kemudian membuat proposal pengajuan dana kepada pihak sekolah. Kepala sekolah merespons baik kegiatan yang dilakukan Sofyan dan teman-temannya. Kepala sekolah pun memberikan dana bantuan untuk program kegiatan tersebut."
Tindakan Sofyan dan teman-temannya merupakan wujud dari nilai praksis Pancasila. Tindakan tersebut patut dicontoh peserta didik yang lain karena....

kegiatan bakti sosial mempunyai nilai kemanusiaan
masih banyak masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan terutama di Desa Sukaasih
mereka mampu membuat kepala sekolah berempati
anggota OSIS sangat cerdas dalam mem- buat program kerja
Soal 14 dari 25
14. Kamu mempunyai teman yang tidak percaya dengan Pancasila. Dia menganggap Pancasila sekadar gagasan utopis. Kamu sendiri mem- percayai bahwa Pancasila tidak sekadar gagasan utopis. Dia kemudian meminta bukti bahwa Pancasila tidak utopis. Bukti bahwa Pancasila bukan gagasan utopis yaitu . . . .
semua manusia akan meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila
Pancasila sebagai ideologi terbaik dunia
memberikan kesempatan kepada warga negara untuk beragama
nilai-nilai Pancasila cocok diterapkan di semua bangsa di dunia
Soal 15 dari 25
15. Perhatikan wacana berikut!
"Gigi dan Gaga kakak beradik. Mereka dilahirkan dalam keluarga baik dan harmonis. Ayah dan ibu selalu memberikan kasih sayang kepada mereka. Gigi sebagai kakak selalu menyayangi Gaga. Model keluarga ini merupakan idaman bagi semua orang. Ibu selalu memberi uang jajan kepada Gigi dan Gaga sesuai porsinya. Gigi menerima uang lebih banyak daripada Gaga. Gaga tidak ke- beratan karena ibu telah menjelaskan bahwa kebutuhan Kak Gigi lebih banyak. Gaga memahami penjelasan dan nasihat ibu."
Nilai praksis Pancasila yang terdapat dalam wacana adalah . . . .

ketuhanan
kerakyatan
kemanusiaan
keadilan
Soal 16 dari 25
16. Berikut implementasi nilai praksis Pancasila!
1) Menyemangati teman yang malas belajar.
2) Menemani adik belajar di kamar.
3) Membantu korban bencana alam.
4) Bersikap sopan santun kepada Bapak/Ibu Guru.
5) Membantu kakek menyeberang jalan.
6) Menasihati teman yang menyontek ketikaujian.
Implementasi nilai kemanusiaan yang dapat dilakukan di sekolah adalah . . . .

1), 4), dan 6)
1), 2), dan 3)
2), 3), dan 4)
4), 5), dan 6)
Soal 17 dari 25
17. Bacalahceritaberikut!
Suasana di kelas IXA tiba-tiba gaduh. Kegaduhan tersebut dipicu oleh pertengkaran Andi dan Doni. Andi tidak sengaja menjatuhkan patung yang telah dibuat Doni sebagai tugas dari Bu Inna. Doni tidak terima tindakan yang dilakukan Andi. Doni membalas dengan merusak patung milik Andi. Sebagai ketua kelas mengetahui kejadian tersebut, Lana mencoba mendamaikan kedua belah pihak dengan memberi nasihat. Lana meminta kedua belah pihak saling meminta maaf. Akan tetapi, keduanya tidak bisa didamaikan. Akhirnya, Lana meminta bantuan kepada Pak Abdul sebagai guru bimbingan konseling untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka diimplementasikan dalam bentuk . . . .

saling meminta maaf antarteman
menyelesaikan konflik dengan cara damai
upaya untuk mempertahankan kehormatandiri
penyelesaian masalah dengan cara salingbalas
Soal 18 dari 25
18. Perhatikan wacana berikut!
Hak asasi manusia merupakan hak yang dibawa manusia sejak lahir. Hak asasi manusia terdiri atas hak hidup, hak memiliki, dan hak merdeka. Setiap orang harus menjaga dan menghargai serta tidak merampas hak asasi orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa manusia mempunyai kedudukan dan kesempatan yang sama dalam menjalankan kehidupannya. Oleh karena itu, apabila ada orang yang melanggar hak asasi orang lain berarti telah menghambat peluang orang lain untuk menunaikan hak asasinya.
Nilai yang terdapat dalam wacana adalah . . . .

persatuan
kemanusiaan
kerakyatan
ketuhanan
Soal 19 dari 25
19. Baca wacana berikut!
Kehidupan sosial masyarakat Desa Gejayan begitu aman dan tenteram. Semua warga hidup dalam kerukunan. Walaupun warga desa terdiri atas berbagai agama, mereka mampu menciptakan keselarasan dan keserasian hidup. Pak Galih sebagai kepala desa merasa bangga dengan warganya tersebut. Pak Galih dan warga selalu berusaha menjaga nilai-nilai Pancasila supaya kehidupan warga tetap aman dan tenteram. Berkat kegigihan Pak Galih dan warga, Desa Gejayan dua kali menjadi desa percontohan nasional sebagai Desa Pancasila.
Nilai kemanfaatan yang diperoleh warga dari menjaga nilai-nilai Pancasila adalah . . . .

warga mendapat hadiah setiap tahun daripemerintah
Pak Galih tetap menjabat menjadi kepala desa
Desa Gejayan menjadi desa teladan se-Indonesia
desa menjadi aman dan tenteram
Soal 20 dari 25
20. Alasan logis yang mendorong pemerintah harus melaksanakan pemilihan umum anggota legislatif karena ....
perintah undang-undang dasar
pemilu merupakan bagian dari budaya politik
keinginan Komisi Pemilihan Umum
rakyat menginginkan penyerahan kekuasaan
Soal 21 dari 25
21. Perhatikan wacana berikut!
"Seorang ibu tukang sayur diserempet motor. Pengendara motor langsung pergi tanpa melihat kondisi ibu tersebut. Padahal semua dagangan ibu tukang sayur berantakan. Gerobak sayurnya masuk ke selokan. Syukur, ibu tersebut hanya lecet-lecet sedikit."
Orang yang memahami nilai-nilai Pancasila apabila melihat kondisi tersebut akan mengambil tindakan ....

menanyakan kondisi ibu tersebut
menasihati supaya jualan di pasar
menyampaikan supaya lebih hati-hati apabilajualan di jalan
menolong membereskan semua dagangannya
Soal 22 dari 25
22. Hubungan kausalitas antara pemilihan umum dengan kekuasaan adalah . . . .
rakyat akan mendapatkan kembali kekuasaanmelalui pemilihan umum
pemilu akan mengalihkan kekuasaan darirakyat kepada pemerintah
pemilu akan memberikan legitimasi kekuasaan kepada rakyat
pemerintah akan semakin kuat akibat rakyatmengikuti pemilihan umum
Soal 23 dari 25
23. Nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan di berbagai bidang kehidupan. Implementasi nilai-nilai Pancasila yang dilakukan warga negara Indonesia terhadap warga dunia adalah . . . .
membantu memasok persenjataan bagi kaum yang berperang
membantu memasok makanan bagi kaum radikalis internasional
membantu kaum yang berperang dalam melawan musuhnya
membantu memberikan makanan kepada para korban perang
Soal 24 dari 25
24. Liberalisme merupakan ideologi yang tidak dianut bangsa Indonesia. Oleh karena itu, apabila ajaran tersebut masuk ke Indonesia dianggap sebagai bentuk ancaman. Alasan yang mendukung bahwa liberalisme merupakan bentuk ancaman pada Pancasila karena . . . .
memberikan jaminan kepada golongan- golongan tertentu untuk menguasai sebagian kekayaan alam Indonesia
memberikan kebebasan kepada manusia untuk bertindak sesuka hatinya sebagai bentuk hak asasi manusia
tidak memberikan hak pribadi kepada semua warga negara
mengajarkan mengenai sistem pemerintahan otoriter
Soal 25 dari 25
25. Inti isi pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah . . . .
agama dapat dijadikan sebagai dasar terbentuknya negara
jaminan terhadap semua orang untuk tidakmenunaikan ajaran agama
negara hanya mengakui agama tertentu danmelarang ada agama lain di Indonesia
negara mengakui agama dan menjamin kebebasan hidup beragama


Sumber : belajar.kemdikbud.go.id